Ilustrasi Jiwasraya - - Foto: Antara/ Galih
Ilustrasi Jiwasraya - - Foto: Antara/ Galih

Pemerintah Belum Putuskan Suntikan Modal bagi Jiwasraya

Ekonomi pmn Jiwasraya
Eko Nordiansyah • 24 Juli 2020 21:47
Jakarta: Kementerian Keuangan belum memutuskan kebijakan suntikan modal untuk menyelamatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) itu harus menunggu Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.
 
"Mengenai Jiwasraya kita tunggu nanti sampai Agustus, apakah memang akan dianggarkan atau tidak," kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat, 24 Juli 2020.
 
Meski begitu, pemerintah tak akan mengambil opsi untuk investasi langsung ke Jiwasraya. Isa menyebut penyelamatan Jiwasraya sudah dirumuskan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham di perusahaan pelat merah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kita akan akan menggunakan vehicle lain untuk bisa mengambil alih portofolio itu. Detailnya supaya satu pintu supaya ceritanya satu jelas, itu dari Kementerian BUMN mengenai mekanismenya. Karena memang ada alternatif lain yang sedang kita diskusikan untuk menyelesaikan permasalahan Jiwasraya," ungkap dia.
 
Selain itu, pemerintah juga tak bisa serta-merta menyuntikkan dana untuk penyelesaian kasus Jiwasraya. Pasalnya ada masalah hukum yang tengah diselesaikan oleh Kejaksaan Agung serta audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
 
"Tapi itu semua Insyaallah bisa segera kita dapatkan gambaran yang lebih jelas dalam waktu dekat ini. Mengenai alokasi di APBN 2021 tunggu Agustus nanti akan ada gambarannya," pungkas dia.
 

(Des)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif