Kepala BKPM: Peran Investasi tak Lepas dari PTSP

Kautsar Widya Prabowo 12 Juli 2018 14:59 WIB
bkpmptsp
Kepala BKPM: Peran Investasi tak Lepas dari PTSP
Kepala BKPM Thomas Lembong (tengah) saat pemberian penghargaan Investment Award 2018. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjelaskan peran investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat besar. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2017 yang mencapai 5,19 persen.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengemukakan bahwa peran investasi tidak terlepas dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PSTSP) yang berada di setiap daerah. Berangkat dari sini, BKPM mengadakan Investment Award 2018 dengan dilakukan survey terhadap 565 PTSP.

Menurut dia PTSP berperan banyak menarik investor ke Indonesia. Melalui pelayanan yang terbaik, membuat investor enggan untuk pergi.

"Yang penting dalam menggenjot investasi adalah layanan. Sentuhan wajah yang kita berikan kepada investor, buku rayu insentif yang kita berikan, tapi kalau pelayanan tidak baik pasti kecewa," ujarnya, di Ruang Nusantara, Gedung BKPM, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Ia menambahkan berdasarkan survey, prestasi yang paling dihargai oleh masyarakat yakni infrastruktur dan layanan perizinan. Sehingga saat ini pelayanan daerah dinilai telah lebih baik. 

"Simpelnya adalah layanan tiga jam, pelayanan perizinan salah satu kinerja dari bapak presiden, jadi ini mencerminkan upaya serius bapak ibu sekalian," tambahnya.

Selain itu, proses pemberian penghargaan Investment Award dengan mengumpulkan 40 nominasi penyelenggara PTSP dari 20 PTSP terbaik tingkat kabupaten, 10 PTSP terbaik tingkat kota, dan 10 PTSP terbaik tingkat provinsi. Kemudian dikerucutkan menjadi 15 nominasi PTSP di lima kategori provinsi, kabupaten, dan kota.

Selanjutnya ditetapkan sembilan penyelenggara PTSP melalui nilai tertinggi dengan peringkat satu, dua, tiga PTSP terbaik tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Adapun PTSP terbaik tingkat kabupaten pada peringkat pertama diberikan Dinas Penanaman Modal Satu Pintu Kabupaten Siak. Peringkat kedua diberikan untuk Kabupaten Sragen, dan peringkat ketiga untuk Kabupaten Pinrang.

Sedangkan PTSP terbaik tingkat Kota untuk peringkat pertama yakni Dinas Penanaman Modal Satu Pintu Kota Pekanbaru, Kedua Surakarta, dan ketiga adalah Semarang.

Lebih lanjut, PTSP terbaik tingkat provinsi untuk peringkat pertama adalah Dinas Penanaman Modal Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah, kedua Jawa Timur, dan ketiga DKI Jakarta.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id