BI Naikkan Suku Bunga Acuan 50 Bps
Suasana konferensi pers Dewan Gubernur Bank Indonesia saat memutuskan suku bunga acuan naik 50 bps, di Gedung BI, Jakarta (Foto: Medcom.id/Eko Nordianysah)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan menaikkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 50 basis poin (bps) atau menjadi 5,25 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Juni. Kenaikan suku bunga ini dimaksudkan sebagai langkah lanjutan dari kebijakan yang telah diambil oleh bank sentral dalam dua bulan terakhir.

"Keputusan suku bunga ini berlaku efektif hari ini sejak 29 Juni 2018," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, dalam sebuah konferensi pers, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 29 Juni 2018.

Kenaikan suku bunga acuan juga diikuti dengan kenaikan suku bunga deposit facility dan suku bunga lending facility sebesar 50 bps. Dengan demikian suku bunga deposit facility sebesar 4,5 persen dan suku bunga lending facility sebesar enam persen.



Diriny menambahkan kenaikan suku bunga merupakan lanjutan kebijakan yang pre-emptive, front loading, dan ahead the curve dalam rangka menjaga daya saing pasar keuangan domestik terhadap perubahan kebijakan moneter sejumlah negara dan ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi.

Selain itu, kebijakan BI tersebut tetap ditopang dengan kebijakan intervensi ganda di pasar valuta asing (valas) dan Surat Berharga Negara (SBN) serta strategi operasi moneter untuk menjaga kecukupan likuiditas rupiah maupun swap valas.

"Ke depan Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan dan prospek perekonomian baik domestik maupun global untuk memperkuat bauran respons kebijakan yang perlu ditempuh," jelas dia.

Sebelumnya BI sudah menaikkan BI 7 Day Deverse Repo Rate sebanyak dua kali masing-masing sebesar 25 bps pada RDG Bulanan pada 16-17 Mei dan 30 Mei lalu. Dengan dua kali kenaikan, suku bunga acuan BI berada di level 4,75 persen.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id