Pemerintah Berencana Alokasikan Dana untuk Kelurahan

Eko Nordiansyah 22 Oktober 2018 14:02 WIB
Dana Kelurahan
Pemerintah Berencana Alokasikan Dana untuk Kelurahan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan rencana awal pemerintah untuk menganggarkan dana kelurahan. Adapun saat ini pemerintah hanya mengalokasikan dana desa, sedangkan tidak ada dana yang dialokasikan untuk kelurahan.

"Ada satu kabupaten yang bisa memiliki kelurahan dan desa. Desa mereka dapat, tapi kelurahan tidak dapat sehingga menimbulkan satu tensi yang cukup nyata," kata Sri Mulyani, di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan rencana pemerintah memberikan dana kelurahan agar tidak terjadi kecemburuan di daerah. Namun demikian, pemerintah pusat akan menentukan formulasi yang berbeda untuk pencairan dana kelurahan dengan dana desa.

"Jadi tidak melakukan formulasi seperti alokasi dana desa yang ada. Formulanya berdasarkan jumlah penduduk, kemiskinan, dan ketertinggalan mereka. Tapi karena merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), jadi nanti Mendagri dan kami akan membuat keputusan terkait formula pembagiannya," jelas dia.



Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, alokasi dana kelurahan untuk memberikan stimulus bagi perangkat pemerintah di daerah. Usulan pun datang dari para wali kota, bukan dari keinginan pemerintah pusat.

"Dana kelurahan itu bukan dana desa. Itu keinginan semua wali kota yang disampaikan kepada Mendagri, Bu Menkeu, dan Pak Presiden. Ya kelurahan itu ada semacam stimulan. Sifatnya stimulan karena kelurahan itu SKPD dan sudah ada pos anggaran sendiri," ungkapnya.

Untuk diketahui, pemerintah mengalokasikan dana kelurahan sebesar Rp3 triliun dalam RAPBN 2019. Dana tersebut berasal dari alokasi dana desa yang sebelumnya dianggarkan sebesar Rp73 triliun, dan akan dialokasikan dalam pos anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id