Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Sri Mulyani Pantau Hari Terakhir Pencarian Anggaran Satker

Ekonomi anggaran kementerian kementerian keuangan
Ilham wibowo • 21 Desember 2018 20:26
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memantau langsung aktivitas pencairan anggaran oleh Satuan Kerja (Satker) Kementerian/Lembaga. Ia ingin memastikan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melakukan tugas dengan baik.
 
"Hari ini kita melihat kegiatan hari terakhir bagi seluruh Satker yang ada di wilayah DKI Jakarta, yang merupakan 75 persen dari keseluruhan belanja negara," ujar Sri di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Dari pantauan, Sri Mulyani yang tiba pukul 17.00 WIB nampak meninjau loket-loket yang digunakan untuk melayani Surat Perintah Membayar (SPM) dari Satker Kementerian/Lembaga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu nampak mengajak dialog para Satker yang tengah mengajukan SPM. Sri juga menyemangati para pegawai KPPN Jakarta III yang bekerja hingga pukul 22.00 WIB di tiga terakhir pengajuan SPM.
 
"Mereka membawa SPM kemudian diperiksa untuk persetujuan pencairan dana. Kegiatan hari ini lebih rendah dari kemarin yang juga sampai malam, tiga hari terakhir biasanya memuncak," ucapnya.
 
Dalam periode tutup tahun anggaran ini, seluruh satker yang mencapai 27 ribu di seluruh Indonesia menuntaskan pencairan anggaran. Kegiatan ini sebagai bagian dari pertanggungjawaban belanja pemerintah dari Rp 2.220,7 triliun anggaran belanja negara di 2018.
 
Sri mengaku senang penerapan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di 2018 berjalan dengan baik. Dampak positif dirasakan terutama terhadap kelancaran proses tutup tahun anggaran 2018.
 
"Kita lihat dilaporkan banyak hal positif. Saya senang dari jajaran dirjen menyampaikan beberapa perbaikan kinerja tahun ini dibanding tahun lalu," tuturnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif