Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu

Sri Mulyani Alokasikan Rp595,9 Triliun untuk Belanja Pendidikan di 2023

Eko Nordiansyah • 14 April 2022 20:06
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengalokasikan anggaran sebesar Rp563,6 triliun hingga Rp595,9 triliun untuk belanja pendidikan pada 2023. Belanja pendidikan kembali mengalami kenaikan dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp542,8 triliun.

"Untuk anggaran pendidikan tahun depan akan meningkat lagi mencapai Rp563,6 triliun hingga Rp595,9 triliun. Ini lebih tinggi dibandingkan tahun ini," kata dia dalam video conference, Kamis, 14 April 2022.
 
Sri Mulyani mengungkapkan belanja pendidikan ini termasuk pemberian beasiswa kepada para pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, pemerintah juga memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan tinggi.
 
"Ini akan mendukung berbagai belanja pendidikan termasuk beasiswa kepada murid-murid yaitu 20 juta siswa Kartu Indonesia Pintar, kepada mahasiswa sebanyak 975,3 ribu mahasiswa mendapatkan beasiswa," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, belanja pendidikan ini digunakan untuk membayar tunjangan profesi guru dan PNS untuk yang merupakan profesi pendidik sebanyak 264 ribu orang, serta operasional sekolah mulai dari pendidikan dini hingga SMA.
 
"Belanja pendidikan juga dipakai untuk operasi sekolah melalui bos dan juga bahkan biaya operasi sampai tingkat PAUD, yaitu pendidikan usia dini dimana 6,5 juta anak-anak pada usia dini yang akan mendapatkan manfaat," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif