Motor Harley-Davidson hasil selundupan mantan Dirut Garuda Ari Ashkara - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Motor Harley-Davidson hasil selundupan mantan Dirut Garuda Ari Ashkara - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

Apa Kabar Harley dan Brompton Selundupan Mantan Dirut Garuda?

Ekonomi Garuda Indonesia Kementerian Keuangan harley-davidson
Eko Nordiansyah • 08 Januari 2021 17:10
Jakarta: Motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton dari hasil selundupan mantan direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk masih disita pemerintah. Rencana lelang barang sitaan tersebut belum terlaksana lantaran terkendala proses hukum.

"Kami dari DJKN, khususnya dari Direktorat Lelang masih menunggu. Ada satu proses hukum yang harus dijalankan dan tentunya kami tidak bisa buru-buru kesana," kata Direktur Lelang DJKN Kementerian Keuangan Joko Prihanto dalam video conference di Jakarta, Jumat, 8 Januari 2021.
 
Ia menegaskan sudah siap menggelar acara lelang untuk barang sitaan tersebut. Hanya saja masih menunggu satu proses hukum lagi.
 
"Biarlah itu proses hukum yang berjalan. Tapi intinya kapanpun kalau memang sudah saatnya lelang dan diajukan lelang, pasti kami jajaran Lelang DJKN khususnya KPKNL dengan segera melayani dan prosesnya tidak akan lama," ungkap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapu  kasus ini bermula saat ditemukannya barang bawaan di pesawat Airbus A330-900 dilakukan oleh Bea Cukai Soekarno Hatta pada Minggu, 17 November 2019. Terdapat 18 boks yang berisi onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton tidak dilaporkan kepada petugas Bea Cukai.
 
Dalam manifest penumpang pesawat tersebut, dinyatakan ada 22 orang yang diangkut dari Perancis. Namun tidak ada barang bawaan dalam kargo yang diangkut oleh pesawat yang baru didatangkan oleh Garuda tersebut.
 
Kasus ini akhirnya menyeret nama mantan Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Ari Askhara dipecat dari jabatannya tersebut. Namun sampai saat ini nasib dari barang-barang yang diselundupkan tersebut masih belum jelas.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif