Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Belanja Pemerintah Jokowi Tahun Depan Mencapai Rp2.220 Triliun

Ekonomi belanja negara rapbn 2018
Suci Sedya Utami • 25 Oktober 2017 17:44
medcom.id, Jakarta: Pemerintah menganggarkan alokasi belanja negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang telah disepakati oleh DPR sebesar Rp2.220,66 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi belanja yang dirancang diarahkan untuk mengurangi kesenjangan dan kemiskinan, serta peningkatan kualitas masyarakat Indonesia melalui perluasan program perlindungan sosial.

Belanja negara juga akan menyasar pada bidang pendidikan, kesehatan, pertahanan, serta infrastruktur. Ani bilang, pembangunan infrastruktur juga terus dilanjutkan dan ditingkatkan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia terhadap penyediaan infrastruktur, baik di perkotaan dan daerah, maupun di perbatasan dan daerah terluar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Inilah momentum yang tepat bagi kita semua untuk mereformasi arah pembangunan agar dapat membawa bangsa Indonesia berkembang dan maju lebih cepat, serta meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat," kata Ani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 25 Oktober 2017. Lebih jauh, kata Ani dalam rangka pemerataan melalui alokasi transfer daerah dan dana desa, akan diarahkan untuk meningkatkan kualitas layanan publik di daerah, menciptakan kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan antardaerah.

Apabila dirinci, alokasi belanja negara tersebut nantinya akan tersebar sebagai berikut belanja pemerintah pusat Rp1.454,49 triliun yang terdiri dari belanja kementerian/lembaga Rp839,59 triliun, dan belanja nonkementerian/lembaga Rp614,9 triliun.

Sementara untuk belanja nonkementerian/lembaga pun dibagi untuk belanja subsidi BBM dan elpiji 3 Kg Rp46,87 triliun, subsidi listrik Rp47,66 triliun. Sedangkan untuk transfer ke daerah dan dana desa Rp766,16 triliun terdiri dari tansfer ke daerah Rp706,16 triliun dan dana desa Rp60 triliun.

Untuk anggaran pendidikan dialokasikan 20 persen dari total belanja atau Rp444,13 triliun. Sedangkan anggaran kesehatan lima persen dari anggaran total atau Rp111,03 triliun.

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi