Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

5 Program Prioritas yang Didanai APBN

Ekonomi kartu sakti jokowi APBN 2020
Damar Iradat • 14 November 2019 16:16
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut ada lima program prioritas yang akan didanai dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Pertama, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).Kedua, pembangunan infrastruktur. Ketiga, penyederhanaan kebijakan dan regulasi. Keempat, transformasi ekonomi. Serta kelima, penyederhanaan birokrasi.
 
"Ini melalui program, Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, kartu sembako, pra kerja, belanja sekolah, dan lain-lain. Ini janji presiden pemilu lalu," ujar Menkeu, di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu pemerintah akan menggencarkan peningkatan pemerataan pembangunan daerah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID) dana desa.
 
Menurut Sri Mulyani, ini dilakukan untuk mendanai program pembangunan 2020, sehingga pemerintah terus menjaga kemandirian pendanaan APBN.
 
"2020 kita akan kenalkan beberapa insentif perpajakan dalam rangka mendukung sektor riil dan perbaikan produktivitas. Insentif perpajakan dengan pengurangan pajak secara lebih untuk pelatihan vokasi dan RnD, investment allowance untuk proyek padat karya, subsidi pajak, tax holiday untuk proyek prioritas," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif