Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

April 2019, Dana Asing Masuk RI Capai Rp91 Triliun

Ekonomi bank indonesia capital inflow
Desi Angriani • 12 April 2019 17:29
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat dana asing yang masuk ke Indonesia (inflow) pada April 2019 mencapai Rp91,04 triliun. Dana tersebut berasal dari aliran modal yang masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp75,08 triliun dan pasar modal Rp15,96 triliun.
 
Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan dana asing yang masuk tersebut menunjukkan bahwa persepsi investor terhadap Indonesia semakin positif. Di mana aliran modal yang masuk ke pasar saham tahun lalu negatif Rp24,92 triliun, sedangkan yang masuk ke pasar SBN hanya Rp34,51 triliun.
 
"Jadi persepsi investor terhadap Indonesia masih tetap positif. Kalau pasar SBN sudah more than double dari Rp34 triliun menjadi Rp75 triliun. Kalau saham waktu tahun lalu outflow Rp24,9 triliun (year to date/ytd)," ujar Mirza di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat, 12 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya kepercayaan investor juga didukung oleh angka makro inflasi yang terkendali. Dari sisi budget anggaran, defisit APBN 2019 terkendali dengan target 1,8 persen.
 
"Jadi itu defisit yang sangat prudent dan ketiga tren dari CAD kuartal I juga membaik," tambahnya.
 
Mirza menambahkan neraca perdagangan Indonesia pada Maret juga diproyeksikan surplus. Prediksi itu melanjutkan tren positif pada Februari lalu. Di mana surplus NPI Februari sebesar USD330 juta atau menjadi yang pertama kali sejak lima bulan terakhir.
 
"Saya rasa sesuai tren dari CAD yang membaik," ungkap Mirza.
 
Aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sebelumnya mencapai sebesar Rp74,4 triliun hingga 21 Maret 2019. Aliran modal asing yang masuk untuk investasi melalui portofolio saham sebanyak Rp11,9 triliun. Sementara, dana asing yang masuk melalui portofolio penjualan SBN sebesar Rp62,5 triliun.
 
Secara total, aliran modal asing yang masuk yang masuk ke Indonesia melalui investasi berbagai portofolio dan Penanaman Modal Asing (PMA) tercatat sebesar USD6,3 miliar.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif