Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. FOTO: BKPM
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. FOTO: BKPM

Bahlil Yakin Larangan Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Takkan Ganggu Investasi RI

Ekonomi investasi minyak goreng BKPM Bahlil Lahadalia Kementerian Investasi CPO Sawit
Eko Nordiansyah • 27 April 2022 13:48
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan larangan ekspor Refined Bleached Deodorized (RBD) Palm Olein sebagai bahan baku minyak goreng tidak akan mengganggu investasi di Indonesia.
 
"Saya katakan pelarangan ekspor minyak goreng atau bahan baku minyak goreng tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan realisasi investasi kita," kata dia, dalam video conference, Rabu, 27 April 2022.
 
Bahlil menambahkan, keputusan larangan ekspor tersebut merupakan yang terbaik di antara yang terjelek yang diambil pemerintah. Menurutnya larangan ekspor bisa saja tidak diberlakukan asalkan pengusaha bisa memenuhi kewajibannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesungguhnya hal ini tidak perlu terjadi kalau kita pengusaha dan pemerintah bersama-sama bergotong royong untuk memprioritaskan kebutuhan dalam negeri," ungkapnya.
 
Apabila sebagian pengusaha tidak mau mengikuti saran dari pemerintah dalam rangka perbaikan untuk kepentingan rakyat kecil, Bahlil menyebut, pemerintah punya cara untuk bagaimana menertibkan pengusaha tersebut.
 
"Pemerintah tidak boleh sewenang-wenang ke para pengusaha, tapi pengusaha juga harus tertib jangan mengatur pemerintah, yang mengatur pengusaha adalah pemerintah," lanjut dia.
 
Pemerintah sebelumnya memastikan larangan ekspor berlaku bagi produk RBD Palm Olein untuk tiga kode HS, yaitu 15119036, 15119037, dan 15119039. Larangan ekspor bahan baku minyak goreng ini akan dimulai pada 28 April pukul 00.00 WIB.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif