Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Antara/ Hafidz Mubarak A
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Antara/ Hafidz Mubarak A

BI Ramal Ekonomi Indonesia 2021 Lebih Tinggi dari Target Pemerintah

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Bank Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional RAPBN 2021
Eko Nordiansyah • 02 September 2020 14:47
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2021 bisa mencapai 4,8 persen hingga 5,8 persen. Perkiraan ini lebih tinggi dari target pemerintah yang berkisar antara 4,5-5,5 persen.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia nantinya sejalan dengan perbaikan ekonomi dunia. Tak hanya itu, stimulus pemerintah dan kebijakan bank sentral akan menopang pemulihan ekonomi di tahun depan.
 
"Kami melihat 2021 ekonomi Indonesia membaik didukung perbaikan ekonomi global, stimulus fiskal pemerintah, kebijakan BI yang diarahkan akomodatif," katanya dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 2 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perry menambahkan pemulihan produksi antara lain didukung oleh perbaikan implementasi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Meski begitu, bank sentral menilai target pertumbuhan ekonomi pemerintah masih cukup realistis.
 
Menurutnya pemulihan ekonomi sudah terlihat sejak semester II tahun ini. Sejumlah indikator perekonomian disebut mengalami perbaikan, meski masih lambat untuk kembali pulih seperti sebelum terjadi pandemi covid-19.
 
"Beberapa indikator seperti mobilitas manusia di sejumlah daerah dan penjualan eceran keyakinan konsumsi, PMI, investasi dan ekspor mulai terindikasi ada perbaikan. Meski dilihat dari sini meski ada perbaikan lebih pelan," ungkapnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif