Gedung BEI. Foto: MI
Gedung BEI. Foto: MI

BEI Catat 43 Perusahaan Masih Antre IPO, Tapi Tak Semua Melantai Tahun Ini

Annisa ayu artanti • 22 November 2022 15:59
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat hingga 21 November 2022 sebanyak 43 perusahaan terdaftar dalam pipeline pencatatan saham di bursa. Namun tidak semuanya akan mencatatkan sahamnya tahun ini.
 
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan sebanyak 33 persen dari total perusahaan tersebut akan melakukan pencatatan saham tahun depan.
 
"Dari 43 perusahaan yang berada dalam pipeline pencatatan saham, ada sekitar 33 persen yang merencanakan pencatatan di 2023. Sedangkan sisanya berencana dicatatkan 2022," katanya kepada wartawan, dikutip Selasa, 22 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nyoman juga menjelaskan, berdasarkan data perusahaan yang bakal melakukan aksi Initial Public Offering (IPO) itu, sektor konsumer siklikal, teknologi, dan energi merupakan sektor paling banyak pada pipeline, sedangkan sisanya tersebar pada sektor lainnya.
 
Baca juga: Jumlah Investor Pasar Modal Tembus 10 Juta 

Ia menyebut, sebanyak tujuh perusahaan berasal dari sektor konsumer siklikal, enam perusahaan berasal dari sektor teknologi, dan lima perusahaan dari sektor energi.
 
Lalu masing-masing empat perusahaan berasal dari sektor transportasi dan logistik, kesehatan, properti dan real estat, serta industri. Kemudian, sebanyak tiga perusahaan berasal dari sektor infrastruktur.
 
Selanjutnya untuk sektor finansial, konsumer non siklikal, dan material dasar masing-masing dua perusahaan.
 
"Beberapa di antara perusahaan yang berada pada pipeline pencatatan saham, ada yang menargetkan emisi lebih dari Rp1 triliun yaitu dua perusahaan pada sektor energi dan satu perusahaan pada sektor finansial," sebutnya.
 
Sebagai informasi, saat ini terdapat empat perusahaan yang telah berada pada sistem e-IPO, yaitu PT Techno9 Indonesia Tbk (NINE), PT Isra Presisi Indonesia Tbk (ISAP), PT Multi Medika Internasional Tbk (MMIX), dan PT Personel Alih Daya Tbk (PADA).
 
Sampai dengan 21 November 2022, perusahaan yang telah mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia berjumlah 54 perusahaan.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif