Penyerahan bantuan APD kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah DIY - - Foto: Dok BI DIY
Penyerahan bantuan APD kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah DIY - - Foto: Dok BI DIY

Kantor Perwakilan BI Yogyakarta Serahkan 3.000 APD Tangani Covid-19

Ekonomi donasi bank indonesia Alat Pelindung Diri (APD)
Ahmad Mustaqim • 29 April 2020 17:12
Yogyakarta: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan bantuan 3.000 alat pelindung diri (APD) kepada Gugus Tugas Penanganan covid-19. Bantuan tersebut diserahkan melalui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, termasuk bantuan dana sebesar Rp500 juta.
 
"Melalui Program Sosial Bank Indonesia dan sinergi dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah DIY, telah diserahkan APD berupa 3.000 unit baju hazmat dan uang tunai penanggulangan covid-19 Rp500 juta kepada Gugus Tugas Covid-19 DIY," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Hilman Tisnawan pada Rabu, 29 April 2020.
 
Hilman berharap bantuan itu dapat meringankan beban pemerintah dalam menangani penyebaran virus korona. "Kami menaruh perhatian besar terhadap penanganan pandemi virus korona dengan mengajak seluruh perbankan di DIY untuk turut aktif memberikan bantuan. Harapannya wabah ini segera dapat ditanggulangi," kata Hilman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya Yogyakarta merupakan salah satu wilayah terdampak penyebaran virus korona sejak pemerintah pusat menetapkan status bencana nasional pada 14 Maret 2020. Sebagai kota wisata, covid-19 secara tak langsung sudah mematikan pariwisata serta sejumlah sektor perekonomian.

 
"Penurunan tajam jumlah kunjungan wisata, membuat ekonomi sektor pariwisata DIY dan yang terkait nyaris lumpuh. Banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya sebagai dampak sepinya wisatawan, di antaranya adalah pedagang kaki lima, tukang becak, andong, odong-odong, dan pekerja lepas lainnya," ujarnya.
 
Selain itu, perpanjangan masa darurat covid-19 hingga 29 Mei 2020 oleh BNBP, diprediksi akan memperburuk kondisi ekonomi para pekerja. BI pun bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DIY, Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) DIY, Baitul Mal Muamalat menginisiasi kegiatan beetajuk "Operasi Pangan Gratis".
 
Kegiatan itu berupa pemberian sembako dan paket kesehatan untuk pencegahan covid-19 berupa masker dan hand sanitizer sebanyak 1.630 paket kepada masyarakat pra sejahtera.
 
"Ini melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang akan dibagikan selama dua periode, April dan Mei 2020. Selain itu, bantuan paket sembako dan pencegahan covid-19 juga diberikan kepada 14 pondok pesantren di DIY," ungkapnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif