Ketua DK OJK Wimboh Santoso dalam peresmian Gedung Kantor OJK Provinsi Maluku. Foto: dok OJK.
Ketua DK OJK Wimboh Santoso dalam peresmian Gedung Kantor OJK Provinsi Maluku. Foto: dok OJK.

OJK Pecut Ekonomi Maluku

Ekonomi OJK Perikanan Pertumbuhan Ekonomi Pariwisata kur UMKM jasa keuangan ekonomi daerah inklusi keuangan Literasi Keuangan
Husen Miftahudin • 13 Mei 2022 13:30
Ambon: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat kerja pengawasan industri jasa keuangan dan perlindungan konsumen, serta peningkatan inklusi dan literasi keuangan melalui pembangunan kantor representatif OJK di berbagai daerah. Teranyar, OJK meresmikan kantor regional di Maluku.
 
"Peresmian kantor OJK Maluku merupakan perwujudan kemandirian OJK dalam memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi OJK di daerah serta mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah Maluku," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam peresmian Gedung Kantor OJK Provinsi Maluku di Kota Ambon, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Menurut Wimboh, peran Kantor OJK di daerah sangat strategis dalam mendukung tiga hal prioritas di masa pandemi covid-19 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan memanfaatkan sumber ekonomi baru, meningkatkan intermediasi lembaga keuangan dalam mendukung pembiayaan, dan memberikan perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khusus untuk wilayah Maluku, Wimboh menekankan agar Kantor OJK memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang selama ini menjadi andalan wilayah Maluku, di sektor perkebunan, pariwisata, dan perikanan.
 
"Kantor OJK Maluku harus mendorong industri jasa keuangan untuk meningkatkan jumlah pembiayaan dengan proses yang mudah, cepat, dan terjangkau, kepada pelaku UMKM dan sektor-sektor yang masih memiliki potensi untuk tumbuh," katanya.
 
Wimboh menjelaskan bahwa untuk mendorong pengembangan sektor perikanan, perkebunan, dan pariwisata tersebut perlu didorong pembiayaan berbasis Kredit Usaha Rakyat (KUR) bersubsidi pemerintah dengan model klaster.
 
Pembiayaan KUR berbasis klaster ini, lanjut Wimboh, dapat digunakan untuk pembelian alat pengolahan perikanan dan perkebunan guna meningkatkan produksi dan kualitas sehingga bisa memenuhi standar dan permintaan internasional.
 
Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan dukungan OJK dengan Pemerintah Provinsi yang telah terjalin selama ini dalam mendukung perekonomian masyarakat Maluku.
 
"Semoga hubungan baik yang telah terjalin antara Pemerintah Provinsi dengan OJK dapat terus ditingkatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Maluku ini," pungkasnya.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif