Angka ini merupakan rekor tertinggi ENAK, bahkan 16,4 persen lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi pre-pandemi pada 2019, walaupun dengan masih merebaknya Omicron pada kuartal pertama 2022 lalu. Tentu ada harapan agar laju bisnis bisa terus meningkat di masa mendatang.
"Selain penjualan yang bertumbuh, kami juga mencatat pertumbuhan EBITDA sebesar 34,7 persen dari Rp198 miliar di 2021 menjadi Rp266,6 miliar di 2022, terlepas dari adanya tekanan inflasi global sepanjang 2022," ungkap Chief Financial Officer (CFO) ENAK Christopher Supit, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Maret 2023.
Baca: Bukan Ikut-ikutan, Ini yang Didapat Perusahaan saat Melakukan Transformasi Digital |
Keberhasilan kinerja ENAK di 2022 didukung oleh keputusan tepat manajemen untuk tetap melanjutkan ekspansi secara masif walaupun di masih dalam masa pandemi. "Kami tetap melanjutkan ekspansi outlet sepanjang 2022, kami membuka total 35 outlet baru," jelas Christopher.
Kinerja emiten membaik
Chief Operating Officer (COO) ENAK Hade Mboi menambahkan, hal tersebut sejalan dengan rencana manajemen yang telah diungkapkan pada saat persiapan IPO tahun lalu untuk melanjutkan ekspansi. Pertumbuhan penjualan ini juga berhasil membalik laba bersih ENAK, dari negatif di 2021, menjadi Rp 62,3 miliar di 2022.
Kondisi itu membuktikan kinerja emiten ini terus bertumbuh dengan baik. "Kami optimistis momentum peningkatan performa perusahaan akan berlanjut di 2023," klaim Hade.
Tahun ini, ENAK akan menambah sub-brand baru untuk memperkuat positioning brand yang telah ada. "Kami telah menandatangani lebih dari 40 kontrak untuk pembukaan outlet baru," ucapnya.
Fokus utama perseroan masih dengan pengembangan Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon. Mirip dengan 2022, opening Gokana dan Raa Cha lebih banyak berfokus ke daerah suburban dan luar Jabodetabek, bahkan luar Pulau Jawa.
"Di 2023 ini kami berencana untuk masuk ke kota-kota baru di Jawa dan Sumatra, seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, dan Pekanbaru," pungkas Hade.
Kondisi itu membuktikan kinerja emiten ini terus bertumbuh dengan baik. "Kami optimistis momentum peningkatan performa perusahaan akan berlanjut di 2023," klaim Hade.
Tahun ini, ENAK akan menambah sub-brand baru untuk memperkuat positioning brand yang telah ada. "Kami telah menandatangani lebih dari 40 kontrak untuk pembukaan outlet baru," ucapnya.
Fokus utama perseroan masih dengan pengembangan Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon. Mirip dengan 2022, opening Gokana dan Raa Cha lebih banyak berfokus ke daerah suburban dan luar Jabodetabek, bahkan luar Pulau Jawa.
"Di 2023 ini kami berencana untuk masuk ke kota-kota baru di Jawa dan Sumatra, seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, dan Pekanbaru," pungkas Hade.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News