Ilustrasi pengembangan vaksin covid-19 - - Foto: dok AFP
Ilustrasi pengembangan vaksin covid-19 - - Foto: dok AFP

Kalbe Farma Taksir Tambahan Dana Pengembangan Vaksin Covid Capai Rp600 Miliar

Ekonomi Emiten kalbe farma vaksin covid-19
Annisa ayu artanti • 08 September 2021 20:23
Jakarta: PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menaksir tambahan dana yang diperlukan dalam pengembangan vaksin covid-19, GX-19N mencapai Rp600 miliar.
 
"Secara akumulasi kita masih membutuhkan Rp500 miliar hingga Rp600 miliar," kata Direktur Kalbe Farma Bernadus Karmin dalam public expose live 2021, Rabu, 8 September 2021.
 
Bernadus menjelaskan vaksin GX-19N merupakan vaksin yang dibuat dari hasil kolaborasi perusahaan dengan konsorsium Genexine Korea Selatan. GX-19N merupakan vaksin berbasis DNA. Saat ini status GX-19N masih dalam uji klinis fase 2B/3 disejumlah negara termasuk di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi sekarang ini tahapannya sedang kita gulirkan untuk uji klinisnya. Uji klinis fase 2B/3 yang berjalan bersamaan di Indonesia," jelasnya.
 
Lebih lanjut, kata Bernadus, jika uji klinis tersebut berjalan lancar paling tidak pada akhir tahun ini vaksin GX-19N akan menghasilkan satu data ilmiah yang bisa digunakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengeluarkan Emergency Use Authorization.
 
"Kalau itu yang didapat, pada saat itu lah vaksin ini dapat digunakan untuk semua," ujarnya.
 
Kendati demikian, Bernadus tidak bisa memastikan kedepannya vaksin GX-19N tersebut masuk dalam klasifikasi vaksin gotong royong berbayar atau vaksin gratis pemerintah. Namun manajemen melihat kemungkinan besar vaksin GX-19N akan menjadi vaksin gotong royong berbayar.

 
"Kalau bicara kemungkinan memang akan masuk vaksin gotong royong. Berapa besar harga, dan lain sebagainya masih kami tunggu karena merupakan peran pemerintah untuk menentukan," pungkasnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif