Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Program Vaksin Bikin Saham Emiten Farmasi Menguat

Ekonomi Emiten industri farmasi vaksin covid-19
Annisa ayu artanti • 12 Oktober 2020 18:01
Jakarta: Saham emiten sektor farmasi bergerak menghijau pada perdagangan hari ini seiring dengan rencana pemerintah untuk melakukan program vaksinasi pada awal November 2020.
 
Berdasarkan data RTI yang dikutip Medcom.id, Senin, 12 Oktober 2020, saham PT Kimia Farma Tbk (KAEF) menguat 6,17 persen ke level 3.270. Transaksi perdagangan hari ini mencapai Rp203,37 miliar dengan volume perdagangan 62,58 juta saham.
 
Lalu, saham PT Kalbe Farma Tbk juga ditutup positif 0,64 persen di level 1.580. Saham emiten berkode KLBF ditransaksikan sebanyak Rp29,17 miliar dengan volume perdagangan 18,46 juta saham.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara PT Phapros Tbk (PEHA) pada perdagangan hari ini menguat 4,29 persen ke lebel 1.580. Saham PEHA ditransaksikan sebanyak Rp2,66 miliar dengan volume 1,7 juta saham.
 
Sedangkan PT Indofarma Tbk (INAF) menguat 4,5 persen ke level 3.250. Saham INAF ditransaksikan sebanyak Rp49,1 miliar dengan volume 15,11 juta saham.
 
Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan pemicu pergerakan saham-saham farmasi menghijau adalah rencana pemerintah untuk mulai melakukan program vaksin pada November.
 
"Tentu itu sentimen positif," katanya kepada Medcom.id.
 
Namun, lanjut William, mengenai prospek emiten-emiten sektor farmasi tersebut masih belum jelas, sebab rencana pemerintah tersebut belum mendetail.
 
Menurutnya, keuntungan dari penjualan vaksin akan menentukan penguatan saham selanjutnya.
 
"Emiten-emiten yang produksi itu, seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari jualan vaksin nantinya yang akan menentukan penguatan sahamnya lanjut atau tidak," pungkasnya.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif