Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Bank Wakaf Mikro Dorong Mental Wirausaha di Lingkungan Pesantren

Ekonomi OJK pesantren bank wakaf mikro
Husen Miftahudin • 09 Juni 2021 12:00
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan usaha mikro syariah serta pemberdayaan masyarakat sekitar pesantren melalui pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM). BWM telah diinisiasi OJK sejak akhir 2017.
 
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, sejak diluncurkan tiga tahun lalu, BWM telah menjadi bagian dari upaya perluasan akses pembiayaan dan pemberdayaan ekonomi umat sekaligus mengungkit mentalitas kewirausahaan di lingkungan pesantren.
 
"Kekhasan BWM terletak pada skema sinergi atau ta'awun, bergotong royong, dan tanggung menanggung dalam menyelenggarakan pembinaan dan pemberdayaan umat," ujar Wimboh dikutip dari laman instagram terverifikasi @wimboh.ojk, Rabu, 9 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wimboh mengungkapkan bahwa BWM memberikan akses pembiayaan yang mudah dan murah bagi pelaku usaha mikro kecil yang belum terjangkau akses keuangan formal. BWM turut mendukung program pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan.
 
Hingga Juni 2021, sebanyak 61 BWM telah berdiri, tersebar di 19 provinsi di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Kehadiran BWM telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 45 ribu nasabah dengan total pembiayaan sebesar Rp67,4 miliar.
 
"Ke depan, OJK akan terus mengembangkan BWM baik dari sisi kuantitas maupun kualitas melalui pengembangan ekosistem digital BWM yang mencakup tiga aspek utama yakni Digitalisasi Pembiayaan BWM, Digitalisasi Operasional BWM, serta Digitalisasi Pengembangan Usaha Nasabah BWM," tutur Wimboh.
 
Dia bilang, sinergi antara seluruh pemangku kepentingan baik OJK, pemerintah, para donatur, Laznas, serta pimpinan dan pengurus pondok pesantren juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan BWM.
 
"Hal tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat di sekitar pesantren dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," pungkas Wimboh.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif