Ilustrasi. FOTO: MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi. FOTO: MI/Andri Widiyanto

Mengenal Apa Itu Rights Issue

Angga Bratadharma • 07 Juni 2022 14:25
Jakarta: Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menyatakan beberapa perusahaan BUMN bakal melakukan aksi korporasi yang salah satunya rights issue di pasar modal Indonesia di semester II-2022. Sebanyak enam BUMN melakukan rights issue dan sisanya menjual saham secara langsung kepada investor.
 
"Jadi cukup banyak kesibukan kami di semester dua ini untuk berbagai rights issue. Diharapkan semua bisa berjalan lancar," kata Kartika, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR-RI, Selasa, 7 Juni 2022.
 
Pertanyaannya apa itu rights issue? Rights issue adalah penerbitan saham baru, yakni saham tersebut diprioritaskan untuk investor lama. Pengertian rights issue sebagaimana dikutip Keputusan Badan Pengawas Pasar Modal Nomor 26 Tahun 2003 yakni hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli efek baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), rights issue adalah salah satu bentuk peningkatan modal disetor suatu perusahaan. Dalam rights issue, perusahaan menawarkan hak (rights) kepada pemegang saham yang ada untuk mendapatkan saham baru.
 
Sederhananya, arti rights issue adalah hak yang diberikan kepada investor lama untuk membeli saham baru yang diterbitkan sebelum saham baru tersebut ditawarkan ke investor lain. Tujuan perusahaan melakukan rights issue saham yakni perusahaan sedang memerlukan modal segar untuk kebutuhan perusahaannya.

Menerbitkan saham baru

Jadi, daripada harus meminjam ke pihak lain, sebuah perusahaan biasanya memutuskan untuk melakukan right issue saham dengan menerbitkan saham baru. Tujuannya agar investor lama di perusahaan tersebut membeli sahamnya dengan harga rights (hak), yang biasanya diberikan harga diskon atau lebih rendah dari harga pasar saat itu.
 
Jadi, rights adalah hak yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk terlebih dahulu membeli saham yang baru dikeluarkan. Hal itu agar para pemegang saham lama diberi kesempatan untuk mempertahankan persentase kepemilikannya dalam suatu perusahaan. Fungsi rights issue adalah penggalangan dana dari pasar.
 
Untuk sebuah perusahaan terbuka, bisa melakukan rights issue tentunya ada beberapa hal yang harus dipenuhi persyaratannya. Pertama, memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Kedua, menyampaikan pernyataan pendaftaran dan dokumen pendukungnya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif