Ilustrasi pasar modal Indonesia - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi pasar modal Indonesia - - Foto: MI/ Ramdani

BEI Pede Penggalangan di Pasar Modal Lebih Baik dari Tahun Lalu

Annisa ayu artanti • 29 Maret 2022 13:24
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis penggalangan dana di pasar modal tahun ini akan lebih ramai dibandingkan tahun lalu.
 
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna optimisme tersebut tercermin dari minat perusahaan yang akan melakukan penggalangan dana dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan tren positif. Selain itu, jumlah investor di pasar modal Indonesia juga mengalami tren peningkatan.

 
"Pada 2022 ini kami optimistis penggalangan dana di pasar modal Indonesia masih bertumbuh dengan baik yang ditunjang oleh keberlangsungan pemulihan ekonomi," katanya kepada wartawan dikutip Selasa, 29 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, saat ini kondisi pasar modal kondusif dan seluruh stakeholders pasar modal yang disupervisi oleh OJK juga terus berupaya menjadikan Pasar Modal Indonesia lebih inklusif.
 
Bahkan, beberapa kemudahan diberikan bagi semua tingkatan perusahaan melalui berbagai penyesuaian peraturan dan penyusunan kajian terkait mekanisme pencatatan saham.
 
"Dalam upaya meningkatkan literasi mengenai pasar modal, Bursa Efek Indonesia secara berkesinambungan juga melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan agar kedepannya dapat melakukan penggalangan dana di pasar modal Indonesia," ujar dia.
 
Tak hanya itu, stabilitas ekonomi juga turut mendukung pemulihan ekonomi nasional. BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada 17 Maret 2022 menunjukan angka 3,5 persen dan merupakan level terendah dalam lima tahun terakhir.
 
Menurutnya, hal ini tentunya turut memperkuat pemulihan ekonomi nasional dan berdampak positif bagi pasar modal.  "Kami yakin bahwa semua hal positif di atas turut memberikan optimisme tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya," imbuhnya.
 
Lebih lanjut, hingga saat ini minat perusahaan yang akan melakukan penggalangan dana di pasar modal masih relatif baik. Hal tersebut terlihat dari antrian perusahaan yang ada di pipeline saham Bursa jumlahnya masih meningkat dan diharapkan kedepannya dapat menambah jumlah perusahaan tercatat saham.

 
"Hingga saat ini masih terdapat 32 perusahaan yang berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan perkiraan nilai fundraise sebesar Rp29,13 triliun," pungkasnya.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif