Ilustrasi QRIS. Foto: Dokumen Gojek.
Ilustrasi QRIS. Foto: Dokumen Gojek.

Wow! Transaksi QRIS Melonjak Lebih dari 700% saat Puasa hingga Lebaran

Husen Miftahudin • 08 Mei 2023 12:07
Jakarta: PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) melaporkan total transaksi pembayaran di ATM, debet, digital banking, hingga QRIS bank-bank Himbara pada awal Ramadan (23 Maret 2023) hingga Lebaran (22 April 2023) mengalami kenaikan sebesar lebih dari 51 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
 
"Pada periode tersebut, transaksi debet dan QRIS melonjak secara signifikan dengan kenaikan sekitar 20 persen untuk transaksi debet dan lebih dari 700 persen pada transaksi QRIS," ungkap Direktur Operasional Jalin Argabudhy Sasrawiguna dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 8 Mei 2023.
 
Diketahui, Jalin merupakan perusahaan berbasis teknologi sistem pembayaran yang didirikan pada 2016 atas inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN), serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Pada 2019, kepemilikan saham mayoritas Jalin beralih kepada PT Danareksa (Persero).

Saat ini Jalin telah tercatat memiliki lebih dari 39 member yang berasal dari industri perbankan dan fintech di tanah air. Jalin juga tergabung di dalam anggota Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sekaligus sebagai salah satu pemegang saham PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang berperan sebagai Lembaga Services bagi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
 

Posko RaFi berjalan lancar


Argabudhy juga menyampaikan, pelaksanaan Posko Ramadan dan Idulfitri (RaFi) 2023 oleh Jalin berjalan lancar dalam mengantisipasi lonjakan layanan transaksi pembayaran di ATM, debet, digital banking, maupun QRIS sehubungan dengan tingginya jumlah pergerakan masyarakat yang melakukan mudik Lebaran.
 
Menurutnya, aspek operational excellence menjadi fokus utama perusahaan dalam melayani seluruh nasabah dan pemudik pada periode tersebut, khususnya untuk memaksimalkan layanan kepada para nasabah dan meminimalisir hambatan serta gangguan operasional.
 
"Kelancaran Posko RaFi 2023 didukung dengan sejumlah strategi operasi, di antaranya keberadaan Posko Utama dan Posko Pendukung sebagai wadah monitoring harian dan kolaborasi antarmember yang didukung dengan sistem operasi dapat membuat Jalin siap menghadapi setiap situasi dan kondisi, termasuk saat tingginya lonjakan transaksi di waktu tertentu," paparnya.
 
Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengapresiasi koordinasi dan kolaborasi yang baik di antara perusahaan dengan para member yang terlihat dari volume transaksi melalui kanal QRIS selama RaFi 2023 yang mengalami kenaikan mencapai lebih dari 48 juta transaksi.
 
Ario pun menambahkan, peningkatan transaksi pembayaran selama periode RaFi 2023 sejatinya merupakan kabar baik. Tidak hanya bagi para member, tetapi juga bagi calon member lainnya.
 
"Melonjaknya transaksi QRIS ini merupakan momentum untuk Jalin kedepan bersama para member dan calon member lainnya untuk terus bersama mendorong penggunaan QRIS yang lebih masif di tengah masyarakat dengan harapan QRIS menjadi pilihan alat transaksi pembayaran non-tunai terbaik yang canggih, nyaman, dan aman," tuturnya.
 
Performa positif ini juga dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan sistem operasional monitoring transaksi, khususnya pada kebutuhan penyediaan informasi yang lebih cepat atau real- time untuk member terkait status transaksi.
 
"Hal ini merupakan upaya Jalin untuk menjawab tantangan dan kebutuhan di industri pembayaran, serta mempersiapkan Perusahaan menghadapi periode-periode berikutnya seperti Natal dan Tahun Baru (NaRu) 2024 serta RaFi 2024," tegas Ario.
 
Baca juga: Cara Membuat QRIS All Payment untuk UMKM
 

Jalankan piloting Kartu Kredit Pemerintah


Selama periode RaFi 2023, Jalin pun melakukan peningkatan lainnya dengan menjalankan piloting untuk inisiatif strategis pemerintah, yaitu Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik dan pengembangan QRIS Cross Border di Malaysia.
 
"Peningkatan-peningkatan yang diupayakan oleh Jalin tersebut merupakan perwujudan visi Perusahaan sebagai 'The National Digital Highway' dalam menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non-finansial untuk mendorong inklusi keuangan nasional," pungkas Ario.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan