Iilustrasi. Foto: Antara/Rosa Panggabean
Iilustrasi. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Samuel Aset Manajemen Terbitkan Reksa Dana ETF

Ekonomi reksa dana
Annisa ayu artanti • 14 Mei 2020 11:56
Jakarta: PT Samuel Aset Manajemen (SAM) menerbitkan reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Produk reksa dana ETF perdana dari SAM ini diberi nama Reksa Dana Indeks SAM ETF SRI KEHATI (SAM ETF SRI-KEHATI).
 
"Reksa Dana Indeks SAM ETF SRI-KEHATI ini merupakan ETF dengan tema ESG, yaitu produk yang memperhatikan unsur environment friendly, social responsibility, dan Good Corporate Governance yang diharapkan bisa menjadi alternatif pilihan bagi investor didalam diversifikasi investasi mereka," Direktur Utama SAM Agus Basuki Yanuar dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Agus menjelaskan alasan SAM akhirnya meluncurkan reksa dana ETF berbasis indeks SRI-KEHATI karena berdasarkan hasil pengujian, memiliki kinerja yang baik jika dibandingkan dengan IHSG dan LQ45.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indeks SRI-KEHATI memiliki performance rata-rata 8,5 persen per tahun sejak diluncurkan 2009 hingga sekarang, sedangkan IHSG rata-rata 5,4 persen per tahun di periode yang sama.
 
Dalam penerbitan produk ini, SAM bertindak selaku manajer investasi, Yayasan KEHATI sebagai pemilik indeks, serta PT Mandiri Sekuritas sebagai dealer partisipan dan PT Bank Central Asia, Tbk sebagai bank kustodian
 
SAM ETF SRI-KEHATI ditawarkan kepada masyarakat pada Nilai Aktiva Bersih (NAB) awal Rp500 atau setara dengan Rp50 juta per satu unit kreasi.
 
"Tujuan investasi dari produk SAM ETF SRI-KEHATI adalah memberikan hasil investasi yang setara dengan kinerja indeks SRI KEHATI yang diterbitkan oleh BEI melalui investasi sesuai dengan kebijakan investasi," jelasnya.
 
Kebijakan investasi dari produk ini diantaranya minimum 80 persen dan maksimum 100 persen dari NAB pada efek bersifat ekuitas yang diperdagangkan di BEI dan terdaftar dalam indeks SRIKEHATI.
 
Kemudian, minimum nol persen dan maksimum 20 persen dari NAB pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun.
 
Investasi pada saham-saham yang terdaftar dalam indeks SRI-KEHATI tersebut akan berjumlah sekurang-kurangnya 80 persen dari keseluruhan saham yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI. Sedangkan porsi tiap-tiap saham akan ditentukan secara prorata mengikuti bobot (weighting) masing-masing saham terhadap Indeks SRI-KEHATI.
 
"Kami senantiasa berupaya untuk menjadikan produk ini produk yang berkinerja baik dan insyaallah secara timing setelah indeks terkoreksi dalam, peluncuran pada hari ini merupakan saat tepat bagi investor untuk memulai investasi pada produk yang baru," tukasnya.

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif