Ilustrasi. Foto: AFP/Adek Berry.
Ilustrasi. Foto: AFP/Adek Berry.

Ini Dia Sektor Bisnis yang Menarik di Tahun Macan Air

Media Indonesia.com • 31 Januari 2022 20:32
Jakarta: Director of PT Ekuator Swarna Investama Hans Kwee mengaitkan penanggalan Tiongkok yang memasuki tahun Macan Air, menandakan kondisi yang lebih harmonis atau akan lebih baik dari tahun sebelumnya.
 
Melansir Mediaindonesia.com, Senin, 31 Januari 2022, Macan Air menandakan banyak perubahan akan terjadi. Dia menggambarkan kebijakan moneter global yang banyak berubah. Adapun sektor yang akan menarik pada tahun Macan Air ialah:
  1. Sektor komoditas.
  2. Sektor elektronik dan digital.
  3. Sektor pendidikan.
  4. Sektor properti.
  5. Sektor kecantikan.
  6. Sektor makanan.

Dengan catatan, lanjut dia, harus dibarengi dengan pengendalian pandemi yang semakin baik. Di sisi lain dia pun menekankan untuk waspada di sektor yang terkait logam dan perbankan. Terlebih di perbankan dana pencadangan untuk kredit bermasalah harus menjadi perhatian.

Waspada masalah global

Dia pun menyoroti permasalahan di tataran global yaitu Rusia berniat menginvasi Ukraina. Namun hal itu sepertinya urung terjadi karena Amerika Serikat campur tangan, sehingga menurutnya konflik tidak akan terjadi dan sektor komoditas akan aman. Dengan pemetaan kondisi pasar tersebut, Hans memperkirakan bursa saham di kuartal pertama 2022 akan volatile.
 
"Namun memasuki kuartal kedua 2022 market akan cukup positif bergerak. Perkiraan kami level 7.100-7.300 akan dicapai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun ini," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Director of PT Kurikulum Saham Indonesia Alex Sukandar menjelaskan beberapa sektor yang mengalami penaikan awal tahun ini:
  • Sektor energi mengalami upside 13 persen dan pada 2021 naik 49 persen.
  • Sektor transportasi naik 5,7 persen dan pada 2021 naik 54 persen.
  • Sektor finansial kenaikannya 2,61 persen dan tahun lalu 6,64 persen.
  • Sektor kesehatan naik 1,36 persen dan sepanjang 2021 naik 5,83 persen.

Di sisi lain Alex mengingatkan ada support yang krusial untuk IHSG yaitu di level 6.449 sebagai divergen yang harus diwaspadai. Adapun untuk level resistensi, dia menyebut di area sideways 6.750. Level tersebut menurutnya harus mendapat perhatian dari investor.
 
"Kalau level 6.449 jebol, ada kemungkinan divergen terkonfirmasi. Dan itu tidak perlu ditakuti kita perlu melakukan paper asset diversification bisa ke reksa dana, deposito, atau forex komoditas," katanya.

Cermat memilih instrumen investasi

Committee KPEI Arwani Pranajaya mengingatkan agar investor ritel lebih cermat dan berhati-hati memilih instrumen investasi ketika memecah risiko seperti melakukan paper asset diversification. Dengan semakin banyak produk investasi di pasar salah satu hal yang dapat diperhatikan ialah izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada lembaga atau perusahaan pengelolaan investasi masyarakat.
 
"Intinya ini berujung pada meningkatkan literasi keuangan masyarakat kita. Tentu acara ini juga saya yakin diadakan pun tak lepas dari tujuan baik tersebut untuk peningkatan literasi keuangan kita," ujarnya.
 
Hal tersebut bukan tanpa alasan. Arwani mengungkapkan inklusi keuangan terus meningkat. Dia menyebut angka nasabah ritel selalu menunjukan peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun setidaknya sejak 2015. Hal itu perlu dibarengi dengan literasi agar masyarakat tidak salah jalan.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif