Bukalapak. Foto : Medcom/Surya Perkasa.
Bukalapak. Foto : Medcom/Surya Perkasa.

Bukalapak Akuisisi Platform Belajar Online USD1 Juta

Annisa ayu artanti • 24 Maret 2022 13:29
Jakarta: PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) mengakusisi platform belajar online, PT Belajar Tumbuh Berbagi senilai USD1 miliar. Dalam penjelasan Corporate Secretary BUKA Perdana A Saputro mengatakan pihaknya mengklarifikasi besaran nilai akuisisi perusahaan rintisan di bidang pendidikan tersebut, dari USD1 miliar menjadi USD1 juta.
 
Adapun, akuisisi PT Belajar Tumbuh Berbagi dilakukan oleh anak usahanya yakni PT Kolaborasi Kreasi Investa (KKI) dan PT Bina Unggul Kencana (BUK) pada 4 November 2021. Jumlah saham PT Belajar Tumbuh Berbagi yang dibeli kedua anak usaha Bukalapak adalah 11.340 saham.
 
"Kami bermaksud memberikan klarifikasi, transaksi jual beli saham yang dibuat dan oleh pemegang saham penjual PT Belajar Tumbuh Berbagi, PT Kolaborasi Kreasi Investa (KKI) dan PT Bina Unggul Kencana (BUK) yang terjadi pada 4 November 2021 terkait dengan pembelian 100 persen saham-saham PT Belajar Tumbuh Berbagi, sebanyak 11.340 saham adalah senilai USD1 juta bukan senilai USD1 miliar," jelasnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 24 Maret 2022.
 
Perdana juga menjelaskan informasi nilai jual beli saham tersebut tercantum dalam Addendum Atas Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat yang ditandatangani oleh pemegang saham penjual PT Belajar Tumbuh Berbagi, PT Belajar Tumbuh Berbagi, KKI dan BUK pada 11 Januari 2022.
 
"Informasi ini akan dimuat lebih lanjut dalam Laporan Keuangan kuartal empat 2021," sebutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manajemen pun memastikan, tidak terdapat dampak material terhadap kegiatan operasional atau kelangsungan usaha perseroan atas aksi akuisisi tersebut. Berita akuisisi startup ini oleh Bukalapak menjadi sorotan PT Nilzon Kapital Advisor. Pasalnya, nilai akuisisi tersebut senilai USD1 miliar atau setara Rp14,34 triliun Jumlah tersebut separuh dari total kapitalisasi pasar perseroan yang sebesar Rp31,12 triliun.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif