Ilustrasi pasar modal Indonesia - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Ilustrasi pasar modal Indonesia - - Foto: MI/ Panca Syurkani

BEI Terbitkan Waran Terstruktur, Ini Keutamaannya

Fetry Wuryasti • 11 April 2022 16:17
Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) segera menerbitkan Peraturan Bursa terkait Produk Waran Terstruktur untuk menambah alternatif investasi bagi investor pasar modal. Produk ini juga akan meningkatkan tingkat likuiditas transaksi dan pendalaman pasar.
 
Adapun peraturan yang diluncurkan oleh BEI antara lain adalah Peraturan Nomor I-P tentang Pencatatan Waran Terstruktur di Bursa, Peraturan II-P tentang Perdagangan Waran Terstruktur di Bursa, dan Peraturan III-P tentang Liquidity Provider Waran Terstruktur di Bursa.
 
Waran Terstruktur memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu underlying securities pada harga dan tanggal yang telah ditentukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbeda dengan waran yang diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat dan biasanya diberikan secara cuma-cuma saat Initial Public Offering (IPO) maupun rights issue, Waran Terstruktur yang diperdagangkan di BEI diterbitkan oleh Anggota Bursa.
 
Mekanisme perdagangan Waran Terstruktur mirip dengan perdagangan Waran. Anggota Bursa penerbit Waran Terstruktur dapat memilih saham konstituen Indeks IDX30 yang ditetapkan oleh BEI sebagai Underlying Securities.
 
Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menyampaikan, Waran Terstruktur akan menjadi produk investasi yang dapat dimanfaatkan oleh investor untuk mendapat imbal hasil investasi dari pergerakan harga saham konstituen Indeks IDX30 dengan modal relatif lebih kecil dibandingkan dengan membeli sahamnya.
 
"Investor dapat membeli Waran Terstruktur di pasar perdana seperti saat Penawaran Umum Saham, maupun di pasar sekunder. Waran Terstruktur memberikan value added yang lebih kepada investor jika dibandingkan dengan Waran biasa," kata Hasan, Senin, 11 April 2022.

 
Tidak hanya dikeluarkan berdasarkan underlying saham konstituen Indeks IDX30, tetapi produk Waran Terstruktur juga dapat diterbitkan dalam dua tipe, yakni Call Warrant dan Put Warrant. Selain itu, Waran Terstruktur juga wajib memiliki Liquidity Provider, sehingga investor tidak perlu khawatir ketika akan menjualnya sebelum jatuh tempo.
 
Call Warrant akan memberikan manfaat kepada investor ketika pasar dalam keadaan bullish, sedangkan Put Warrant akan memberikan manfaat ketika pasar dalam keadaan bearish. Proses exercise Waran Terstruktur ketika jatuh tempo dilakukan secara otomatis, sehingga investor dengan mudah dapat menerima keuntungan pada saat jatuh tempo (jika Waran Terstruktur in the money).
 
(Des)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif