Waskita Karya. Foto: dok Waskita Karya.
Waskita Karya. Foto: dok Waskita Karya.

Penurunan Rating Waskita Karya Dinilai Wajar

Ekonomi waskita karya
Husen Miftahudin • 09 Juli 2020 16:58
Jakarta: Penurunan rating (peringkat) PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dinilai wajar. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen baru memiliki rencana yang lebih terukur.
 
Pefindo memberi Waskita Karya peringkat BBB+, peringkat ini turun satu notch dari peringkat sebelumnya di A-. Penurunan rating ini juga lebih disebabkan oleh risiko kinerja yang dihadapi sektor konstruksi akibat adanya pandemi covid-19.
 
Pengamat BUMN dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengungkapkan penurunan peringkat yang dialami Waskita Karya bukan hal yang buruk. Sebab, dampak pandemi membuat kinerja perusahaan kehilangan performa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira rating itu wajar saja mengingat kinerja Waskita Karya saat ini. Di tengah pandemi korona tentu banyak pekerjaan dan rencana proyek baru yang mungkin harus dibatalkan," kata Toto kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020.
 
Toto berpendapat di tengah kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini perusahaan harus optimal melakukan penagihan atas piutang yang ada. Terutama terkait proyek infrastruktur.
 
Penagihan piutang tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki situasi likuiditas, sekaligus mengoptimalkan biaya proyek yang sedang berjalan. Utamanya aspek efisiensi proyek.
 
"Ke depan mungkin harus tahan diri dulu secara selektif untuk proyek-proyek baru yang akan diambil. Dengan cara ini mudah-mudahan situasi keuangan ke depan bisa lebih baik," harapnya.
 
Director of Finance Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma sebelumnya menjelaskan, penyesuaian peringkat disebabkan risiko yang mungkin timbul akibat faktor sektoral, seperti terhambatnya progres pekerjaan proyek konstruksi akibat covid-19 dan potensi berkurangnya jumlah tender dari proyek-proyek infrastruktur yang direncanakan akan diperoleh tahun ini.
 
Menurutnya, penurunan rating satu notch ini menunjukkan proses perbaikan yang telah dilakukan Waskita Karya. Sebab sebelumnya rating perusahaan mengalami penurunan peringkat hingga dua notch, dari A- ke BBB, berdasarkan rating review dari lembaga rating Fitch pada Mei 2020.
 
"Kondisi ini secara tidak langsung menunjukkan confidence rating agency bahwa upaya perbaikan posisi keuangan perusahaan telah berjalan on track," ungkap Taufik.
 
Adapun mitigasi yang dilakukan oleh perseroan untuk menekan risiko keuangan adalah dengan melakukan akselerasi progres pada proyek proyek, dan memastikan target pembayaran termin proyek tercapai.
 
Saat ini, seluruh proyek Waskita Karya telah berjalan dengan normal meskipun masih menghadapi tantangan akibat pandemi covid-19, terutama terkait penyediaan bahan baku dan tenaga kerja.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif