BTN menggali potensi ekonomi syariah di Padang. Foto: dok BTN.
BTN menggali potensi ekonomi syariah di Padang. Foto: dok BTN.

Menggali Potensi Ekonomi Syariah di Padang

Ade Hapsari Lestarini • 29 Desember 2021 13:38
Padang: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) atau BTN Syariah melebarkan sayapnya ke Padang, Sumatra Barat. Perluasan bisnis perseroan di Tanah Minang ini dilakukan dengan pembukaan Kantor Cabang Syariah (KCS) di Kota Padang.
 
Direktur Consumer and Commercial Lending BTN Hirwandi Gafar mengatakan, perseroan makin gencar membuka outlet baru di daerah yang menjadi pusat perkembangan ekonomi syariah, setelah Bengkulu dan Jambi, kini Padang, Sumatra Barat. Pembukaan KCS ini akan menjadi  kontributor andalan BTN Syariah karena potensi yang dimiliki Kota Padang sebagai destinasi halal terbaik di dunia (Global Muslim Travel Index 2019).
 
"Peluang perbankan syariah Sumbar untuk tumbuh sangat besar karena pengembangan industri halal, pengembangan sektor perdagangan dan pariwisata yang menjadi penyokong utama ekonomi di Padang, di samping itu masyarakat Padang yang mayoritas penduduknya muslim sudah terbiasa hidup dengan prinsip syariah," kata Hirwandi dalam keterangan resminya, Rabu, 29 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menangkap dan mengembangkan potensi yang dimiliki Padang, Hirwandi menilai perbankan dapat memaksimalkan perannya sebagai agent development yang tepat. Apalagi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) potensi pembiayaan dan ruang ekspansi pembiayaan dari perbankan syariah di Sumatra Barat masih tergolong sangat besar.

Ruang ekspansi pembiayaan syariah di Sumbar masih lebar

Hal itu tercermin dari rasio likuiditas atau financing to deposit ratio (FDR) perbankan syariah Sumbar yang cukup baik sebesar 77,49 persen per September 2021 lebih tinggi dari FDR perbankan syariah nasional sebesar 75,26 persen. "Artinya ruang untuk ekspansi pembiayaan masih terbuka lebar, karena bank syariah punya likuiditas yang lebih dari cukup untuk ekspansi," jelas Hirwandi.
 
Kantor Cabang Syariah di Padang adalah Kantor Cabang Syariah yang ke-29. Adapun outlet BTN Syariah berjumlah 97 yang terdiri dari 29 Kantor Cabang Syariah, 61 Kantor Cabang Pembantu Syariah, tujuh Kantor Kas Syariah, dan 699 Kantor Layanan Syariah.
 
Hirwandi menjelaskan, BTN yang memiliki spesialisasi di sektor properti akan menjadi istimewa karena perbankan syariah yang ada di Sumatra Barat saat ini tidak memiliki kapasitas khusus seperti perseroan. Peluang UUS BTN untuk memfasilitasi pembiayaan perumahan juga menjanjikan, mengingat pertambahan penduduk di Sumatra Barat terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.
 
"Kami akan membuka kerja sama dengan para developer, lembaga maupun institusi untuk bersama-sama mengatasi backlog perumahan di Sumatra Barat," kata Hirwandi.
 
Sebagai Bank yang terdepan dalam menyalurkan program subsidi perumahan dari Pemerintah, BTN termasuk UUS BTN senantiasa memberikan akses dan pelayanan pembiayaan terbaik bagi masyarakat.
 
"Kami berharap kehadiran UUS BTN di Padang akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk mewujudkan rumah impiannya," tutup Hirwandi.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif