Ilustrasi investasi aset kripto. Foto: AFP/Chris Delmas.
Ilustrasi investasi aset kripto. Foto: AFP/Chris Delmas.

Dipindah ke OJK, Bappebti Bantah Gagal Kelola Aset Kripto

Antara • 04 Januari 2023 17:07
Jakarta: Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko menegaskan pengelolaan aset kripto dan perdagangan derivatif berpindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bukan karena pihaknya gagal mengelola.
 
"Tidak ada hal yang mengatakan Bappebti gagal mengelola kedua hal tersebut. Kedua hal ini masih banyak catatan iya. Tapi kalau disebut dengan kegagalan masih jauh," ujar Didid, dalam konferensi pers, dilansir Antara, Rabu, 4 Januari 2023.
 
Menurutnya, baik aktivitas kripto maupun derivatif yang terkait dengan sekuritas dan mata uang ini justru tumbuh sejak 2018 dan permasalahan memang ada, namun relatif dapat diatasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kita bandingkan dengan rasio antara permasalahan dengan yang teratasi itu di bawah nol persen, jadi sangat kecil," ujarnya.
 
Baca juga: Bappebti Ngaku Salah dalam Kasus Robot Trading

Sementara terkait masa transisi dari Bappebti ke OJK berdasarkan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK) atau UU Omnibus Law di bidang keuangan, diberikan durasi selama 24 bulan dan masa transisi ini pun akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang akan disusun dalam waktu enam bulan.
 
Dalam kesempatan tersebut, Didid juga menuturkan penyebab lain aset kripto dan perdagangan derivatif berpindah, yakni berdasarkan laporan Financial Stability Board (FSB) pada 2022 terjadi pertumbuhan nilai aset kripto yang pesat dapat berdampak pada nilai keuangan.
 
"Sehingga kita saat itu sepakat untuk menghasilkan kebijakan publik harus forward looking tidak hanya melihat sisi histori saja, tetapi ke depannya ini nanti seperti apa," ujarnya.
 
Berkaca pada prediksi yang berpotensi menimbulkan dampak ada stabilisasi keuangan dan kompleksitas, maka antisipasi pun dilakukan dengan pemindahan dua poin tersebut ke OJK. "Jadi pemerintah maupun DPR forward looking, jangan sampai ada masalah baru kita rebut," imbuhnya.
 
Sementara itu selama pengalihan belum dilakukan, maka terkait pengawasan, pembinaan, dan kebijakan aset kripto serta perdagangan derivatif tetap ada di Bappebti.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id


 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif