Gedung Bank Indonesia. FOTO: MI/SUSANTO
Gedung Bank Indonesia. FOTO: MI/SUSANTO

BI Kembali Pertahankan Suku Bunga Acuan di 3,5%

Eko Nordiansyah • 24 Mei 2022 15:09
Jakarta: Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50 persen. Keputusan ini diambil berdasarkan asesmen dan proyeksi berbagai indikator ekonomi global dan dalam negeri.
 
"Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 April 2022 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, dalam video conference di Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Ia menambahkan, kebijakan ini juga diikuti dengan mempertahankan suku bunga deposit facility sebesar 2,75 persen. Selain itu, suku bunga lending facility tetap dipertahankan sebesar 4,25 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keputusan ini sejalan dengan perlunya mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar, serta upaya untuk tetap mendorong pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.
 
Perry menyebut, kebijakan mempertahankan suku bunga acuan ini juga diambil di tengah meningkatnya tekanan eksternal terkait dengan ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina dan percepatan kebijakan normalisasi kebijakan moneter di negara maju.
 
"Bank Indonesia juga terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut," pungkas dia.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif