Salah satu produk emiten PT Multi Bintang Indonesia Tbk - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Salah satu produk emiten PT Multi Bintang Indonesia Tbk - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

RUU Larangan Minuman Alkohol, Saham Perusahaan Minol Langsung Ambruk

Ekonomi Emiten Saham minuman beralkohol delta djakarta
Annisa ayu artanti • 13 November 2020 16:59
Jakarta: Saham emiten yang memproduksi minuman beralkohol langsung ambruk seiring dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Larangan Minuman Beralkohol.

Berdasarkan data RTI, Jumat, 13 November 2020, saham PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) dan PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) PT terus bergerak di zona merah.
 
Hingga pukul 14.20 WIB, saham produsen minol merk Anker ini terkoreksi 2,68 persen atau 110 poin ke level Rp4.000 per saham. Pada pembukaan perdagangan saham DLTA berada diposisi Rp4.100 per saham.
 
Dalam satu minggu terakhir saham perusahaan bir yang juga dimiliki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DKI ini anjlok 0,99 persen. Sedangkan dalam tiga bulan terakhir melemah 11,7 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara saham MLBI anjlok cukup parah yakni 3,72 persen sepanjang perdagangan hari ini. Saham produsen minol merk Heineken ini turun 325 poin dari posisi pembukaan perdagangan yang senilai Rp8.700 per saham menjadi Rp8.400 per saham.
 
Dalam satu minggu terakhir saham MLBI turun 9,68 persen. Sementara dalam tiga bulan terakhir sudah ambles 12,73 persen.
 
Adapun pembahasan RUU Minol ini diajukan oleh 21 anggota DPR. Mereka berasal tiga fraksi, yakni 18 anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), satu anggota Fraksi Gerindra, dan dua anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
 
Salah satu poin yang menjadi sorotan terkait sanksi pidana pengguna minol. Pihak yang melanggar ketentuan di RUU Minol terancam sanksi tiga bulan hingga 10 tahun penjara. Sementara itu, termaktub juga sanksi denda Rp10 juta-Rp50 juta.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif