Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto : BKPM.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto : BKPM.

Kementerian Investasi Gandeng Kemenparekraf Tarik Investasi Sektor Pariwisata

Ekonomi investasi BKPM Kemenparekraf
Eko Nordiansyah • 23 Agustus 2021 20:42
Jakarta: Kementerian Investasi/BKPM menggandeng  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang penanaman modal pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan  sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami tekanan luar biasa akibat pandemi covid-19. Bahkan data realisasi investasi di sektor ini mengalami penurunan tajam dibandingkan sebelumnya.
 
"Tapi jangan pernah pesimis saat di posisi terendah. Saya sendiri pernah merasakannya. Saya ingin katakan teman-teman dunia usaha, hari ini negara hadir untuk mempermudah perizinan berusaha," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 23 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, sektor kreatif menjadi salah satu usaha yang mendapatkan fasilitas kemudahan perizinan lewat sistem Online Single Submission (OSS). Bahkan ia berjanji akan membuat tim agar investasi di sektor ini bisa didorong untuk mendukung ekonomi.
 
"Kita akan membentuk tim kecil untuk membuat suatu skala prioritas supaya langsung menyentuh wilayah-wilayah mana dulu, supaya terukur. Kita tahu potensi pariwisata kita besar, jadi kita coba cari mana yang prioritas-prioritas dan kita dorong," ungkapnya.
 
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut, kerja sama antar dua kementerian ini merupakan energi positif untuk kebangkitan ekonomi Indonesia. Ia berharap kolaborasi ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.
 
"Saya harap MoU ini membuka kesempatan bagi pelaku usaha dan industri mengambil peluang di sektor pariwisata. Memang sekarang tertekan, tapi dengan gercep, geber, dan gaspol, garap semua potensi kita bisa bangkit dan menang lawan covid," ujar dia. 

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif