Ilustrasi. FOTO: MI/ADAM DWI.
Ilustrasi. FOTO: MI/ADAM DWI.

BI Lampung Distribusikan Rp3,4 Triliun Uang Baru untuk Lebaran

Ekonomi Perbankan Bank Indonesia Penukaran Uang Lebaran 2022 Ramadan 2022 Mudik Lebaran 2022
Antara • 27 April 2022 20:37
Bandarlampung: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung telah mendistribusikan uang pecahan baru sebesar Rp3,4 triliun atau 81 persen yang diserap masyarakat untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2022.
 
"Kami telah menyiapkan uang kartal senilai Rp4 triliun. Dana itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk Ramadan dan merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah," kata Kepala Perwakilan BI Lampung Budiyono di Bandarlampung, Rabu, 27 April 2022.
 
Ia menyebutkan untuk memenuhi kebutuhan akan kebutuhan uang kartal itu, BI Lampung membuka layanan penukaran uang rupiah pecahan kecil kepada masyarakat menjelang Idulfitri 1443 Hijriah di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung. Jadwal layanan 27-28 April 2022 di halaman parkir depan kantor BI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jam pelayanan itu dibuka mulai pukul 08:00-12:00 WIB, dengan kuota 1.200 orang per hari. Layanan penukaran uang dilakukan secara drive thru dan walk thru.
 
Budiyono menjelaskan penukaran uang selama dua hari itu BI menggandeng delapan bank yakni Bank Pembangunan Daerah Lampung, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Central Asia, dan Bank CIMB Niaga.
 
Budi menjelaskan masyarakat yang ingin menukar uang secara walk thru atau drive thru, terlebih dahulu melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR di situs pintar.bi.go.id. Penukaran untuk per orang maksimal sebesar Rp3,8 juta.
 
"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk service excellence perbankan dan selaras fungsi dan peran Bank Indonesia yakni menjaga dan memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat. Apalagi tahun ini masyarakat diperbolehkan mudik. Kebutuhan akan uang pecahan baru sangat diperlukan," papar Budiyono.
 
Agung, warga Jalan Pramuka Bandarlampung mengatakan menukar uang pecahan baru secara secara langsung ke gerai penukaran yang ada BI Lampung.Menurutnya, layanan ini cepat dan mudah untuk penukaran uang pecahan kecil. "Saya tukar 500 ribu. Pecahan Rp5.000 untuk dibagikan kepada sanak saudara pada Lebaran nanti," jelasnya.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif