UMKM. Foto : Bank BJB.
UMKM. Foto : Bank BJB.

Bank BJB Manfaatkan Momentum Mudik untuk Dorong UMKM Binaan

Ekonomi Perbankan UMKM Lebaran 2022 Ramadan 2022 Mudik 2022
Eko Nordiansyah • 29 April 2022 16:56
Jakarta: Pengendalian kasus covid-19 di Indonesia yang terus membaik membuat pelonggaran aktivitas masyarakat telah dimulai, termasuk kegiatan mudik lebaran tahun ini. Momentum ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggenjot penjualannya.
 
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB), mengikutsertakan UMKM binaannya pada Ramadan Fair Rest Area KM166. Beberapa pelaku usaha menampilkan produk-produk khas Majalengka seperti sereh wangi, mangga gincu, batik Miranti yang memang khas dengan Majalengka.
 
Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan pihaknya telah memberikan berbagai program untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM binaan yang merupakan nasabah Bank BJB. Ia menyebut, Bank BJB memiliki program Pesat untuk membina UMKM-UMKM yang ada di Majalengka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga adalah penyuluhan dua kali dalam satu bulan. Sampai saat ini sudah ada sekitar 1.600-an UMKM binaan Bank BJB di Majalengka. Syarat khusus untuk bisa menjadi UMKM binaan hanya menjadi nasabah Bank BJB," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat, 29 April 2022.
 
Adapun event 'Ramadan Fair Rest Area KM166 Bersama Bank BJB' ini merupakan wadah untuk membantu UMKM lokal memperkenalkan makanan dan cindera mata khas daerah setempat kepada para pengunjung. Bekerjasama dengan Bank BJB, event ini digelar selama 17 hari sejak 22 April hingga 8 Mei 2022.
 
"Ramadan Fair Rest Area Km166 Bersama Bank BJB juga menjadi media bagi Bank BJB serta Management Rest Area KM166 untuk turut serta membantu pemerintah dalam upayanya membangkitkan perekonomian para pengusaha UKM maupun UMKM lokal binaan Bank BJB pascapandemi covid-19," ujar Komisaris Utama Rest Area KM166 dan KM164 Nyoman Tejakusuma.
 
Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Ria Restiana berharap kegiatan ini bisa mengangkat perekonomian setempat terlebih setelah dua tahun masa pandemi. Ria meyakini kegiatan ini akan membantu para UMKM dalam mempromosikan produknya kepada para pemudik.
 
"Kami tentunya sangat berterima kasih kepada penyelenggara atas terselenggaranya acara ini. Event ini hadir sebagai sebuah event multi pihak baik itu pemerintah, swasta, dan para pelaku usaha UMKM. Besar harapan kami event ini bisa membangun sinergitas semua pihak dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi Majalengka," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif