Ilustrasi. AFP PHOTO/ANDREAS GEBERT
Ilustrasi. AFP PHOTO/ANDREAS GEBERT

Allianz Indonesia Optimalkan GRC Tingkatkan Daya Tahan saat Pandemi Covid-19

Angga Bratadharma • 06 September 2021 10:45
Jakarta: Allianz Indonesia terus memacu bisnis di tengah pandemi covid-19 yang belum kunjung usai. Salah satu yang dilakukan ialah menerapkan Governance Risk Compliance (GRC) dalam kondisi apapun agar tetap dapat mencapai tujuan untuk memberi perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.
 
Chief Risk Officer Allianz Life Adrianus Darmawan menggambarkan GRC dengan analogi rubik cube yang dapat bergerak dinamis, namun tetap berwujud utuh sebagai satu kesatuan bentuk. GRC dapat menjadi enabler untuk respons agilitas dengan tetap menjaga prinsip kehati-hatian.
 
Ia menambahkan sisi rubik mengilustrasikan elemen-elemen perusahaan. Sedangkan mekanisme inti dari rubik itu adalah kerangka kerja GRC yang menjaga kesatuan bagi seluruh sisi rubik tersebut. GRC bisa dan harus berfungsi sebagai kerangka kerja yang mengikat elemen bisnis dengan penempatan akuntabilitas.

"Untuk secara keseluruhan dapat bekerja bersama memberikan nilai kepada perusahaan," kata Adrianus, dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 6 September 2021.
 
Keseluruhan elemen, tambahnya, dapat bergerak tanpa tercerai-berai ketika organisasi memiliki tujuan, pemahaman, dan arah yang sejalan. Dengan memiliki kerangka kerja GRC terintegrasi, memungkinkan perusahaan menerapkan pendekatan terstruktur.
 
"Yang akan memungkinkan risk conscious decision making untuk mengantisipasi dampak negatif terhadap aspek seperti strategi, operasional, finansial, organisasi, maupun kepatuhan," tukasnya.
 
Pada awal 2020 lalu sebelum kondisi ditetapkannya pandemi, masih kata Adrianus, Allianz Indonesia sudah melakukan beberapa antisipasi seperti membagikan vitamin dan hand sanitizer kepada seluruh karyawan. Allianz Indonesia mengantisipasi lebih lanjut dengan pelaksanaan proses crisis management.
 
"Perusahaan merespon dengan cepat serta melakukan perubahan agar tetap dapat memastikan keberlanjutan kegiatan operasional untuk memenuhi layanan bagi masyarakat," ucapnya.
 
Adapun pada awal masa pandemi, lanjutnya, GRC yang sudah diterapkan di Allianz Indonesia telah membantu identifikasi risiko lebih awal yang memungkinkan antisipasi lebih awal. Contohnya dengan penyediaan perangkat remote working, sistem digital yang mendukung bisnis, serta didukung kolaborasi dan komunikasi yang baik.
 
"Sehingga memungkinkan kami membuat keputusan dengan cepat dan tetap mempertimbangkan prinsip kehati-hatian," pungkasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan