Pelaku UMKM. Foto : MI/Hendrik.
Pelaku UMKM. Foto : MI/Hendrik.

Biar Makin 'Melek', BI-OJK Bersinergi Dukung Pengelolaan Keuangan UMKM

Antara • 25 September 2022 14:00
Jember: Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Jember, Jawa Timur bersinergi untuk mendukung pengelolaan keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan literasi keuangan dan memperkuat pemahaman rupiah melalui kegiatan sosialisasi cinta bangga paham rupiah dan pelatihan UMKM kepada kelompok Dasawisma dan UMKM.
 
"Program sosialisasi cinta bangga paham rupiah dan pelatihan UMKM merupakan bentuk sinergi dari seluruh pemangku kepentingan agar memperkuat literasi keuangan," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Yukon Afrinaldo, dikutip Minggu, 25 September 2022.
 
Menurutnya salah satu makna dari paham rupiah di antaranya adalah melaksanakan pengelolaan uang secara baik, sehingga dengan memahami konsep cinta bangga paham rupiah secara utuh maka pengelolaan uang baik untuk modal usaha dan konsumsi dapat berjalan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Kepala OJK Jember Hardi Rofiq Nasution mengatakan pihaknya akan terus mendorong pengembangan UMKM dan menjadikannya sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menunjang pemulihan ekonomi nasional.
 
Atas dasar hal tersebut, lanjut dia, OJK bersama dengan Bank Indonesia dan Himbara melakukan pendampingan kepada UMKM melalui pelatihan dan fasilitasi pembiayaan lembaga jasa keuangan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada sektor UMKM produktif di Kabupaten Jember yang belum memiliki akses keuangan.
 
"Kami berharap dengan program pelatihan UMKM dapat meningkatkan literasi keuangan yakni pemahaman produk, layanan jasa keuangan, serta pemahaman pengelolaan keuangan," katanya.
 
Baca juga: Waduh, Jumlah Usaha Mikro Obesitas? Ini Solusi Pemerintah

 
Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut diharapkan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terkait waspada pinjaman daring secara ilegal, serta meningkatkan inklusi keuangan melalui fasilitasi pembiayaan layanan jasa keuangan.
 
"OJK akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di antaranya Bank Indonesia, perbankan dan instansi lainnya untuk melakukan berbagai program pengembangan UMKM seperti memberikan akses pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan bagi para pelaku UMKM," ujarnya.
 
Sementara Anggota Komisi XI DPR Charles Meikyansah yang hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi keterlibatan Dasawisma di Kabupaten Jember yang turut hadir menjadi peserta.
 
Selain itu terdapat juga perwakilan lima kepala desa di Kabupaten Jember yang turut No.24/1/Jr/SP/B hadir dalam kegiatan sosialisasi yaitu Desa Sidomulyo, Sidomukti, Suco, Tugusari, dan Seputih.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif