Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR

BI Terus Cari Cara agar Kebijakannya Mudah Dipahami Publik

Antara • 08 September 2022 06:04
Palangka Raya: Kepala Divisi Relasi Media dan Opinion Maker Departemen Komunikasi Bank Indonesia Syachman Perdymer mengakui bahasa komunikasi kebijakan terkait perekonomian, termasuk bank sentral, tidak selalu mudah untuk dipahami publik. Artinya harus terus dicari formulanya.
 
"Jadi, apa yang dialami teman-teman wartawan di daerah, juga terjadi di sini dan itu terjadi bukan hanya di negara-negara berkembang, melainkan juga negara maju," kata Syachman, dilansir dari Antara, Kamis, 8 September 2022.
 
Meski demikian, lanjut dia, BI melalui Departemen Komunikasi selalu berupaya mencari bahasa yang mudah dipahami oleh publik. Dengan begitu, publik ataupun masyarakat bisa memahami kebijakan-kebijakan yang diterbitkan oleh BI selaku bank sentral di negara ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah sangat konsen dengan isu-isu terkait Bank Indonesia. Respons dan keingintahuan masyarakat terhadap kebijakan yang dikeluarkan BI pun sekarang ini semakin tinggi. Itu bisa dilihat dari pembaca ataupun penonton dan pemberi komentar ketika kami menayangkan hal-hal yang berkaitan dengan BI," kata Syachman.
Baca: Kalah dari UE di WTO, Jokowi: Tidak Apa-Apa

Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Pramudya Wicaksana menyampaikan diselenggarakannya FKM 2022 terhadap 25 media  merupakan salah satu cara pihaknya meningkatkan pemberian informasi terhadap masyarakat terkait arah dan kebijakan yang telah dan akan dibuat oleh Bank Sentral Indonesia.
 
Dia mengatakan, BI secara umum, dan khususnya Kalteng pada dasarnya sangat transparan memberikan informasi secara luas kepada seluruh lapisan masyarakat. Namun, apa daya, kemampuan BI terbatas dalam mencapai semua publik. Untuk itulah diperlukan kerja sama dengan para pegiat media, baik wartawan maupun konten kreator media sosial.
 
"Para wartawan yang kami ajak mengikuti FKM ini biasanya melakukan peliputan di Bank Indonesia Kalteng dan merupakan perpanjangan tangan Bank Indonesia dalam menyampaikan informasi kepada publik," pungkas Pramudya.

 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif