Penandatanganan kerja sama Renminbi Liquidity Arrangement (RMBLA). Foto: dok Bank Indonesia.
Penandatanganan kerja sama Renminbi Liquidity Arrangement (RMBLA). Foto: dok Bank Indonesia.

BI Topang Likuiditas Bank Sentral Asia Pasifik Lewat Kerja Sama RMBLA

Husen Miftahudin • 26 Juni 2022 13:03
Jakarta: Bank Indonesia (BI) dan Bank for International Settlement (BIS), bersama dengan bank sentral negara lain di kawasan Asia dan Pasifik menandatangani kerja sama Renminbi Liquidity Arrangement (RMBLA). Hal ini diinisiasi oleh BIS, organisasi internasional kerja sama antara bank sentral.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan kerja sama RMBLA ini juga ditandatangani oleh Bank Negara Malaysia (BNM), Hong Kong Monetary Authority (HKMA), Monetary Authority of Singapura (MAS), Central Bank of Chile, dan People's Bank of China (PBC).
 
"RMBLA dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan likuiditas kepada bank sentral yang berpartisipasi dari kawasan Asia-Pasifik melalui skema reserve pool," ungkap Perry dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 26 Juni 2022.
 
Dijelaskan Perry lebih lanjut bahwa setiap bank sentral yang berpartisipasi akan memberikan kontribusi minimum sebesar RMB15 miliar atau ekuivalen dalam dolar AS, dan ditempatkan di BIS.
 
"Kerja sama RMBLA akan menjadi salah satu penopang likuiditas yang dapat dimanfaatkan ke depan pada saat terjadi volatilitas di pasar keuangan," tuturnya.
 
Selain itu, menurut Perry, kerja sama ini juga semakin memperkuat kerja sama keuangan antara Bank Indonesia dan BIS yang diharapkan dapat berkontribusi pada stabilitas keuangan di kawasan.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif