Ilustrasi. FOTO: Fotolia
Ilustrasi. FOTO: Fotolia

Pembayaran Digital via QRIS Jadi Pilihan Masyarakat

Ekonomi transaksi non tunai gojek Ekonomi Digital
Angga Bratadharma • 15 Agustus 2020 13:03
Jakarta: Memasuki era adaptasi kebiasaan baru, masyarakat semakin sadar akan pentingnya meningkatkan kebersihan dan keamanan dalam beraktivitas termasuk saat bertransaksi. Karenanya, pembayaran digital lewat QRIS menjadi pilihan utama untuk memudahkan masyarakat beraktivitas tanpa khawatir tentang risiko penyebaran covid-19.
 
Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan transaksi QRIS dilakukan tanpa adanya sentuhan fisik, sehingga bisa meminimalkan risiko penyebaran covid-19. Sejak awal diluncurkannya QRIS oleh Bank Indonesia, lanjutnya, pihaknya terus mendorong penggunaannya di berbagai sektor mulai dari donasi, kuliner, groceries, UMKM, hingga transportasi.
 
"Hingga saat ini, metode pembayaran GoPay menggunakan QRIS telah dapat digunakan di lebih dari 400 ribu mitra usaha GoPay. Kami percaya penggunaan metode QRIS dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, terutama di masa adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini," kata Budi, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, ia menambahkan, kini masyarakat semakin mudah dan aman untuk membayar layanan Taksi Bluebird tanpa kontak langsung melalui GoPay. Pasalnya, GoPay hadir di lebih dari 11 ribu armada taksi Bluebird di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan kode QRIS Bank Indonesia.
 
QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. "Ini juga sejalan dengan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) Gojek yang mendorong pengguna aplikasi mengutamakan pembayaran digital lewat GoPay," tuturnya.
 
Direktur Bluebird Adrianto Djokosoetono menambahkan pandemi covid-19 telah mengubah gaya hidup sebagian besar masyarakat di dunia. Penerapan protokol kebersihan dan kesehatan di seluruh aspek kehidupan termasuk mobilitas semakin meningkat. Di era adaptasi kebiasaan baru ini, Bluebird terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan aktivitasnya.
 
"Dengan mengedepankan kebersihan dan kesehatan di seluruh armada kami. Lewat teknologi QRIS yang terhubung ke GoPay, kami berharap dapat semakin memberikan rasa percaya yang aman tak hanya bagi pelanggan dan masyarakat luas tetapi juga para pengemudi armada kami," ucapnya.
 
Adrianto melanjutkan, kolaborasi yang dilakukan antara GoPay dan Bluebird membuat pengguna Bluebird hanya perlu memindai kode QR yang terdapat dalam taksi dengan layanan GoPay yang berada di aplikasi Gojek. Tanda bukti pembayaran juga langsung masuk ke aplikasi Gojek sehingga pengguna tak perlu lagi meminta struk ke pengemudi.
 
"Selain mengutamakan kebersihan dan keamanan karena tanpa kontak langsung, proses pembayaran antara pengguna dan pengemudi melalui metode QRIS ini menjadi lebih cepat efisien karena tidak perlu repot menyiapkan uang pas ataupun kembalian," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif