Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR

BI Catat Pengguna Baru QRIS Meroket di Sumsel

Antara • 22 November 2022 11:35
Palembang: Bank Indonesia (BI) mencatat pengguna Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) baru di Sumatra Selatan (Sumsel) melejit hingga mencapai 530 ribu per Oktober 2022. Pertumbuhan itu sejalan dengan makin terbiasanya masyarakat dalam bertransaksi digital.
 
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Selatan Erwin Soeriadimadja mengatakan capaian tersebut sudah melampaui target hingga 155 persen pada 2022. "Artinya ini masih bisa bertambah," kata Erwin, dilansir dari Antara, Selasa, 22 November 2022.
 
Ia mengatakan melonjaknya pengguna QRIS ini tak lepas dari peran kalangan perbankan dalam menerapkan digitalisasi, terutama penggunaan mobile banking dan berbagai fitur digital lainnya. "Saat ini cashless (pembayaran tanpa tunai) sudah menjadi gaya hidup masyarakat," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya masyarakat, BI juga mendorong kalangan pedagang menggunakan aplikasi QRIS. Pada Juli 2022 tercatat 448.377 pedagang menggunakan QRIS atau tumbuh 105,27 persen (year on year/yoy). BI terus mendorong penggunaan cara bayar melalui QRIS, dari sisi pedagang maupun pembeli karena memberikan layanan yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal.
Baca: Barito Pacific Gandeng PLN Dukung Transisi Energi Keberlanjutan

Sejauh ini penjual yang menggunakan QRIS terbanyak berada di Kota Palembang dengan total 283.585 pedagang atau tumbuh 84,12 persen (yoy). Sementara itu, pertumbuhan merchant QRIS tertinggi terjadi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yakni berjumlah 4.772 pedagang atau tumbuh 199,18 persen (yoy).
 
Saat ini, BI mendorong penggunaan QRIS di tempat ibadah sehingga dapat mempermudah masyarakat menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah. "Artinya dari target nasional sebanyak 14 juta UMKM pada tahun ini, setidaknya Sumsel telah memberikan kontribusi cukup baik," kata dia.
 
QRIS merupakan kanal pembayaran digital yang telah diluncurkan pada 17 Agustus 2019. QRIS wajib diimplementasikan untuk QR pembayaran sejak 1 Januari 2020.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif