Industri properti. Ilustrasi: Shutterstock
Industri properti. Ilustrasi: Shutterstock

Suku Bunga Acuan BI Naik Lagi, Bagaimana Nasib Pejuang KPR?

Annisa ayu artanti • 19 Januari 2023 16:37
Jakarta: Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Januari 2023 memutuskan untuk menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,75 persen.
 
Suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 5,00 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,50 persen.
 
Keputusan kenaikan suku bunga merupakan langkah lanjutan secara front loadedpre-emptive, dan forward looking dalam memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan.
 
Baca juga: Bantuan Pembiayaan Rumah dari Pemerintah Ini Bakal Dihentikan Tahun Depan

Namun, dengan keputusan BI ini bagaimana nasib pejuang Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Pasalnya, kenaikan suku bunga berpengaruh pada tingkat suku bunga pinjam kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dihubungi Medcom.id, salah satu pejuang KPR, Citra mengungkapkan kesedihannya karena kemungkinan bunga KPR yang dibayarkan akan semakin membengkak. Saat ini, dia menggunakan fasilitas KPR Maybank dengan besaran bunga yang harus dibayarkan 11,6 persen.
 
Ketika menjalani KPR dengan bunga flat alias fix rate di awal tahun, membayar cicilan tidak terlalu memberatkan. Tetapi lambat laun, ditambah dengan adanya potensi resesi, cicilan KPR semakin menjadi-jadi.
 
"Awalnya tiga tahun flat dan ini tiga tahun berjalan floating. Awal-awalnya floating enggak terlalu berasa, tapi pas ada info resesi langsung floating gila-gilaan," ungkapnya.
 
Sementara itu Audrey mengungkapkan, meski dirinya masih menjalani sistem bunga tetap pada cicilan KPR-nya dia sudah membuat persiapan jika tiba waktunya bunga floating. Saat ini dia menggunakan fasilitas KPR dari BNI dengan bunga 6,75 persen.
 
"Meski masih flat, tapi udah deg-degan karena takutnya makin besar naiknya pas sudah floating. Tetangga-tetangga sudah pada kena 13 persen (bunga KPR). Jadi untuk antisipasi aku dan suami ancang-ancang nabung ke rekening KPR," katanya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif