Ilustrasi kolaborasi perbankan dan fintech - - Foto: Medcom
Ilustrasi kolaborasi perbankan dan fintech - - Foto: Medcom

Kolaborasi Perbankan dan Fintech Bakal Ciptakan Layanan yang Lebih Andal

Ekonomi bni Perbankan lembaga keuangan Fintech
Annisa ayu artanti • 13 November 2020 21:12
Jakarta: Kolaborasi antara perusahaan teknologi finansial ataufintechdengan perbankan bukan menjadi hal yang tabu. Kerja sama kedua sektor ini justru akan menciptakan layanan finansial yang lebih andal.
 
"Kita kolaborasi. Dengan adanya kemudahan itu layananservicenya bisa meningkat," kata SVP IT PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Heri Atmoko dalam diskusi virtual, Jumat, 13 November 2020.
 
Menurutnya tidak menutup kemungkinan kedua lembaga tersebut bisa bersinergi. Perbankan memiliki kekuatan pada database nasabah, sementara perusahaanfintechmemiliki kekuatan di bidang teknologi. Jika keduanya dipadupadankan akan menjadi jawaban kebutuhan masyarakat terhadap lembaga keuangan saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau bicara produk perbankan, perbankan juga punyacustomer basedan perbankan juga dari mitigasi risiko cukup kuat. Cuma dalam halcustomer experience, kemudahan, dari sisi teknologi inifintechini lebih kuat disitu. Nah kita kolaborasi," tuturnya.
 
Adapun terkait keuntungan yang akan diperoleh perbankan bila berkolaborasi adalah efisiensi dari sisi biaya. Sedangkan dari sisi nasabah akan merasakancustomer experienceyang berbeda dari layanan perbankan konvensional.

 
"Dari sisi biaya sifatnya relatif, tergantungservicedan layanan seperti apa yang akan diakses atau akan digunakancustomer.Kalau dari sisi nasabah layanannya gimana. Misalnya dari sisiservicetransfer antar bank kita enggak ada biaya tambahan tetap dengan menggunakanchargeyang sama dalam hal ini Rp6.500 sama seperti yang digunakan ATM dan m-banking," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif