Ilustrasi pabrik petrokimia Chandra Asri. Foto: dok Chandra Asri.
Ilustrasi pabrik petrokimia Chandra Asri. Foto: dok Chandra Asri.

Chandra Asri Gandeng Ecolab Terapkan Industri Kimia Hijau

Ekonomi ramah lingkungan industri hijau chandra asri petrochemical
Husen Miftahudin • 11 Januari 2021 22:01
Jakarta: Produsen petrokimia terintegrasi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menggandeng perusahaan global yang bergerak di bidang solusi sumber daya air, Ecolab, untuk menerapkan industri kimia hijau (green chemistry) berteknologi canggih. Upaya ini dilakukan guna menerapkan standar keamanan dan lingkungan berstandar global.
 
"Kemitraan ini menegaskan kembali komitmen Chandra Asri untuk menerapkan model keberlanjutan dan pentingnya aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik dalam strategi perusahaan," ucap Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra dalam keterangan tertulisnya, Senin, 11 Januari 2021.
 
Erwin menilai bahwa penggunaan green chemistry yang disesuaikan dengan keahlian lokal dan global akan terus mendorong peningkatan tata kelola lingkungan perusahaan. Melalui green chemistry, konsumsi air bisa dikurangi hingga 92,2 juta galon per tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, mampu menghemat energi hingga enam juta kilowatt, menurunkan emisi karbon dioksida sebanyak 2.100 ton, menurunkan produksi air limbah sebanyak 472 ribu ton, serta mengurangi pembuangan gas Nitrogen Oksida hingga 75 persen.
 
"Kemitraan dengan Ecolab sejalan dengan etos Chandra Asri sebagai mitra yang terus bertumbuh, untuk menandai tonggak penting lainnya dalam praktik keberlanjutan Chandra Asri selama ini," tuturnya.
 
Erwin percaya jika perusahaan bertindak sebagai penjaga yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, kita perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.
 
"Chandra Asri berkomitmen penuh untuk mewujudkan perbaikan itu mengurangi jejak lingkungan kita, karena kita secara aktif berusaha untuk menyeimbangkan tujuan lingkungan, ekonomi, dan sosial melalui keterlibatan dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya secara transparan dan proaktif," tegas dia.
 
Sementara itu, Senior VP dan Managing Director Ecolab Asia Tenggara Allan Yong mengatakan bahwa Chandra Asri dan Ecolab telah bekerja sama selama bertahun-tahun untuk menghasilkan kinerja dan nilai proyek dapat berdampak terhadap aspek berkelanjutan dan bermakna terhadap standar lingkungan dan operasional perusahaan.
 
"Kami bangga dapat menandai satu bab lagi dalam bekerja sama dengan Chandra Asri sebagai mitra jangka panjang, untuk membangun fondasi yang kuat seiring dengan upaya perusahaan untuk melanjutkan pertumbuhan dan rencana ekspansi untuk melayani pasar dan konsumen Indonesia, dengan cara yang lebih aman, inovatif, dan berkelanjutan," tutup Allan.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif