Layanan asuransi berbasis digital PT Central Asia Financial (Asuransi Jagadiri), berinovasi melalui sebuah solusi untuk mengatasi masalah yang dialami para pengguna transportasi online, baik itu motor maupun mobil, di saat hujan dengan produk melalui Jaga Hujan. Ini merupakan inovasi produk asuransi di Indonesia yang mengadaptasi dari Singapura.
"Asuransi ini memberikan manfaat perlindungan kecelakaan yang terjadi pada saat hujan bagi pemegang polis sampai dengan Rp10 juta, juga memberi perlindungan kenaikan tarif transportasi online sampai 60 persen atau maksimal Rp150 ribu per hari dari total biaya perjalanan. Ini semua merupakan penggabungan teknologi, asuransi, dan dompet digital untuk memberikan pengalaman asuransi secara digital, cepat dan mudah," ujar Direktur Utama Jagadiri Reginald Hamdani, Rabu, 8 Maret 2023.
Kondisi hujan merupakan salah satu kondisi rawan kecelakaan yang bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti curah hujan tinggi, jarak pandang sopir yang terbatas, kondisi jalan yang tidak baik, dan kondisi kendaraan yang tidak prima. Hujan juga merupakan saat harga tarif transportasi online bisa melonjak dua kali lipat atau lebih.
Adapun kolaborasi antara Asuransi Jagadiri, Asuransi Harta, Income Singapore, OTTO, dan OttoPay, menggabungkan keahlian masing-masing untuk mewujudkan sebuah solusi perlindungan dan inovasi yang tercakup di dalam Jaga Hujan.
Baca juga: Sering Dipandang Sebelah Mata, Cek Fakta Pentingnya Berasuransi |
"Jagadiri memahami pengguna transportasi online semakin meningkat dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tetapi pada kondisi hujan bisa muncul beberapa potensi risiko bagi penggunanya. Kami melihat pentingnya mengembangkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat saat ini, sehingga dapat mendukung produktivitas mereka," jelasnya.
Menurut dia, Jaga Hujan dikembangkan menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat saat ini menggunakan aplikasi digital dalam keseharian, termasuk untuk aktivitas finansial. Oleh karena itu, siapa pun yang membutuhkan dapat langsung mengakses laman Jaga Hujan untuk mendaftar, melakukan pembayaran, serta klaim secara online. Nantinya, klaim akan dibayarkan melalui aplikasi OTTO ke dalam uang elektronik.
"Jaga Hujan adalah sebuah upaya proteksi diri yang efektif dan efisien untuk para pengguna transportasi online. Mereka dapat memilih periode penggunaan sampai 30 hari ke depan dan jenis kendaraan online yang digunakan. Jika terjadi kecelakaan, juga akan diberikan santunan meninggal dunia sampai dengan Rp10 juta dan juga mendapatkan penggantian dari lonjakan harga transportasi online, baik mobil maupun motor, maksimal 60 persen dari total biaya perjalanan," tambah Direktur Marketing Jagadiri Yuda Wirawan.
Dalam kolaborasi ini, Asuransi Jagadiri dan Asuransi Harta berperan sebagai penyedia perlindungan asuransi, Income Singapore mendukung dari sisi teknologi yaitu pengecekan risiko dan probabiltas curah hujan serta proses otomasi robot dalam mempercepat proses klaim, OTTO sebagai penyedia dompet elektronik dalam rangka pembayaram klaim, dan OttoPay sebagai payment gateway dalam pembayaran premi.
"Sebagai sesama penyedia asuransi, kami memiliki kepedulian yang sama untuk melindungi pemegang polis saat hujan, sehingga berkolaborasi mewujudkannya. Bagi Asuransi Harta, Jaga Hujan adalah produk kolaborasi pertama bersama dan menjadi sebuah gebrakan inovatif dalam industri asuransi," jelas Direktur Marketing dari Asuransi Harta Rinawati.
Asuransi ini dinilai memahami kebutuhan masyarakat Indonesia dengan memberikan perlindungan yang masuk ke dalam setiap aktivitas dan kondisi dengan biaya premi yang terjangkau untuk semua. Masyarakat bisa merasakan kebebasan dalam memilih jenis asuransi, premi dan durasi sesuai kebutuhan dengan pembelian dan klaim yang mudah dan tidak merepotkan.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News