President Director Prudential Indonesia Jens Reisch. FOTO: Prudential Indonesia
President Director Prudential Indonesia Jens Reisch. FOTO: Prudential Indonesia

Prudential Indonesia Dorong Agen Asuransi Berstandar Internasional

Ekonomi Prudential Indonesia
Angga Bratadharma • 11 Agustus 2020 15:00
Jakarta: PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus mendorong agar tenaga pemasarnya berstandar internasional. Salah satunya dengan mendukung para tenaga pemasar menjadi anggota The Million Dollar Round Table (MDRT), yang harapannya berkontribusi positif terhadap peningkatan literasi keuangan.
 
President Director Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan kemunculan covid-19 di Indonesia membuat aktivitas harus dilakukan di rumah yang salah satunya mengimplementasikan Working From Home (WFH). Pada konteks ini, Prudential melakukan berbagai macam inisiatif agar tetap memberikan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah.
 
"Mendukung semua nasabah, agen, dan mitra bisnis, serta memastikan semua orang yang melakukan physical distancing tetap aman. Dan yang berubah dari awareness semua orang Indonesia adalah fokus untuk tetap sehat dan mengikuti semua protokol kesehatan," kata Jens, dalam Media Gathering Virtual Prudential Indonesia, Selasa, 11 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jens tidak menampik pandemi covid-19 membuat perubahan di Indonesia yang salah satunya kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi. Guna memaksimalkan edukasi tentang asuransi kepada masyarakat, lanjutnya, pihaknya terus memberikan fasilitas kepada para agen asuransi agar bisa memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada masyarakat.
 
Selain itu, dirinya mendorong agen pemasarnya berstandar internasional yakni dengan menjadi anggota MDRT. Adapun MDRT adalah Asosiasi Premier Profesional Finansial. Sebuah asosiasi independen internasional untuk 32 ribu profesional jasa asuransi jiwa dan finansial terbaik di dunia.
 
Para anggota MDRT memperlihatkan pengetahuan profesional yang luar biasa, memegang teguh kode etik, dan jasa klien terbaik. Keanggotaan MDRT diakui secara internasional sebagai standar tertinggi untuk penjualan asuransi jiwa dan bisnis jasa finansial.
 
"Prudential sekarang memiliki 1.000 agen yang menjadi anggota MDRT. Ini angka yang tinggi di Indonesia. Agen asuransi merupakan salah satu faktor penting memberikan edukasi tentang asuransi kepada masyarakat," tuturnya.
 
Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten menjelaskan keberadaan MDRT penting karena mengangkat harkat dan martabat agen asuransi mengingat agen asuransi sering dihadapkan pada penolakan ketika mencoba menawarkan sebuah produk asuransi kepada masyarakat. Karenanya, Miliana terus mendorong agar keanggotaan MDRT dari Indonesia terus bertambah.
 
"Didirikan pada 1927 dan sekarang sudah ada 72 ribu keanggotaan dengan sudah ada 500 perusahaan asuransi yang salah satunya adalah Prudential Indonesia," tuturnya.
 
Dirinya mencatat agen asuransi yang menjadi anggota MDRT dari Indonesia terus meningkat di setiap tahunnya. Pada 2017 ada sebanyak 1.367 agen asuransi dari Indonesia yang menjadi anggota MDRT. Kemudian pada 2018 bertambah menjadi 2.048, lalu di 2019 naik menjadi 2.459, dan di 2020 sampai sekarang ada 2.745 agen asuransi yang menjadi anggota MDRT.
 
Dari 70 negara yang masuk di MDRT, Indonesia menempati peringkat ke-8 dengan nomor satu dipegang oleh Hong Kong, kemudian peringkat kedua ada Tiongkok. "Ini menunjukkan agen asuransi mau go internasional. Kami percaya Indonesia akan segera menyusul menjadi top five dalam hal jumlah keanggotaan MDRT," ucapnya.
 
Chief Agency Officer Prudential Indonesia Rusli Chan menambahkan Prudential Indonesia sekarang ini memiliki 260 ribu agen asuransi yang tersebar di 100 kota di Indonesia. Dari jumlah itu, sudah ada 1.000 agen yang menjadi anggota MDRT. Prudential terus berupaya mendorong agar jumlahnya bisa terus meningkat dari waktu ke waktu.
 
"Harapan kami adalah mencapai angka aspirasi. Angka aspirasi kami adalah 1.800 agen asuransi yang menjadi anggota MDRT, semoga tercapai. Tapi sejauh ini, khususnya tujuh bulan terakhir di 2020 ini para agen asuransi yang berupaya mencapai MDRT mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Semoga aspirasi kita tercapai," urainya.
 
Lebih lanjut, Rusli menekankan, peran agen asuransi di Prudential Indonesia sangat penting mengingat kontribusinya terhadap total premi cukup besar. Karenanya, pihaknya terus memfasilitasi terutama dari sisi bisnis digital agar agen asuransi bisa tetap fleksibel berinteraksi dengan nasabah tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan.
 
"Asuransi itu penting dalam kondisi seperti ini. Maka salah satu inovasi digital yang dilakukan adalah bagaimana kami bisa membantu agen-agen kami supaya tetap bisa memberikan solusi kepada masyarakat Indonesia walau tanpa harus berdekatan," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif