Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: dok Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: dok Bank Indonesia

Gubernur BI Optimistis Ekonomi Kuartal IV Berbalik Positif

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Bank Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional
Annisa ayu artanti • 11 November 2020 17:31
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2020 akan berbalik positif. Indikasi tersebut tercermin dari perbaikan kondisi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020.
 
"Kenapa optimistis? Perekonomian di kuartal III-2020 membaik dan kuartal IV-2020, insyaAllah positif," kata Perry dalamIndonesia Fintech Summit 2020,Rabu, 11 November 2020.
 
Jika target pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2020 tercapai, ia pun meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di rentang lima persen pada tahun depan. Kemudian meningkat menjadi enam persen dalam lima tahun mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun tercapainya pertumbuhan ekonomi tersebut tidak akan terlepas dari koordinasi kebijakan antara pemerintah, bank sentral, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Kebijakan moneter fiskal, stabilitas sistem keuangan, reformasi struktural akan mendukung gimana pertumbuhan kita sehingga keseluruhan ekonomi akan baik," ucapnya.
 
Perry menambahkan bank sentral juga berkomitmen untuk mengarahkan semua kebijakan dalam mendukung dan mendorong stabilitas pertumbuhan ekonomi.

 
"Kita sudah turunkan suku bunga, stabilkan nilai tukar, quantitative easing, koordinasi dengan menteri keuangan untuk pembiayaan fiskal dan berbagai kebijakan termasuk pendalaman pasar keuangan dan digital," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif