Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Sukuk Wakaf Bakal Jadi Pilihan Menarik Berinvestasi

Ekonomi OJK Industri Halal Sukuk Wakaf
Annisa ayu artanti • 16 November 2020 14:02
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai sukuk wakaf bisa menjadi alternatif pilihan investasi yang menarik bagi investor di masa depan.
 
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan demikian lantaran saat ini pemerintah dan beberapa pemangku kepentingan tengah gencar mempromosikan industri halal Indonesia dan ke depan Indonesia diproyeksikan menjadi kiblat industri halal.
 
Adapun sukuk wakaf akan menjadi bagian penting dalam mencapai target tersebut, selain juga mengembangkan dan mengoptimalisasikan aset wakaf.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengembangan sukuk wakaf ini bisa menjadi alternatif pilihan investasi yang menarik bagi investor karena padukan aspek bisnis dan spiritual yang bernilai ibadah," kata Hoesen dalam acara Sharia Investment Week 2020, Senin, 16 November 2020.
 
Ia menuturkan, pasar modal syariah diharapkan bisa mengambil peranan penting sebagai alternatif penyedia sumber pendanaan industri halal sehingga ke depan akan terwujud konsep halal value chain yang komprehensif mulai hulu hingga ke hilir.
 
Saat ini sukuk wakaf baru diterbitkan oleh pemerintah. Namun di masa mendatang sukuk wakaf diharapkan dapat diterbitkan oleh nadzir atau pengelola aset wakaf yang memenuhi syarat atau pihak korporasi yang bekerja sama dengan nadzir.
 
Per 27 Oktober 2020, total nilai kapitalisasi saham syariah mencapai Rp3.061,6 triliun atau 51,4 persen dari seluruh kapitalisasi pasar modal Indonesia sebesar Rp5.956,7 triliun. Jumlah outstanding efek syariah di pasar modal meliputi 467 saham syariah, 163 sukuk korporasi, 284 reksa dana syariah, serta 65 sukuk negara.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif