Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI

Dampak Tapering The Fed Diyakini Minim, IHSG Diramal Menguat Capai 6.880

Angga Bratadharma • 05 November 2021 07:20
Jakarta: PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia kembali menegaskan dampak tapering dari Federal Reserve tidak signifikan memengaruhi ekonomi Indonesia termasuk di industri pasar modal. Karenanya, tim analisis Mirae Asset Sekuritas Indonesia tetap memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menguat di level 6.880.
 
"Untuk IHSG kami masih belum mengubah pandangan terhadap IHSG yaitu masih di level 6.880 hingga akhir tahun," kata Head of Investment Information Team Mirae Asset Sekuritas Indonesia Roger MM, menjawab pertanyaan Medcom.id, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 4 November 2021.
 
Bahkan, lanjut Roger, beberapa waktu lalu tim analisis Mirae Asset Sekuritas Indonesia dalam salah satu tulisannya menyebutkan dampak dari tapering tidak terlalu signifikan terhadap market Indonesia. Dengan kata lain, apabila terjadi capital outflow maka tidak terlalu berdampak besar terhadap nilainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi investor akan lebih mencermati hasil laporan keuangan kuartal ketiga di 2021. Kemudian juga data-data domestik ekonomi Indonesia yang terakhir Oktober itu data manufaktur kita menembus di level di 57,2. Di akhir Desember atau di akhir tahun juga kita melihat kemungkinan besar investor akan cenderung melakukan window dressing," ucapnya.
 
Hal itu, tambahnya, karena hasil laporan keuangan emiten di kuartal III seiring mulai membaiknya data perekonomian Indonesia. Sedangkan prediksi IHSG dan industri pasar modal di tahun depan, Roger mengaku belum bisa banyak berkomentar karena merupakan ranah tim riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia.
 
"Tapi kami memprediksi di 2022 harusnya pemulihan akan lebih baik ketimbang di 2021 karena memang sudah ada vaksin yang dilakukan pemerintah. Juga dampaknya baik ke ekonomi," ucapnya.
 
Senada, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Martha Christina menambahkan efek tapering ke IHSG cenderung minim karena sudah diekspektasi oleh para pelaku pasar. Artinya, informasi mengenai kebijakan moneter oleh The Fed sudah diberitahukan jauh-jauh hari.
 
"Sedangkan perubahan tentang kenaikan suku bunga yang sampai pertemuan (FOMC) kemarin itu belum ada indikasinya ke arah sana," pungkasnya.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif