Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Dalam 3,5 Bulan, Himbara Restrukturisasi Rp441 Triliun Kredit Nasabah

Ekonomi Kredit Himbara
Suci Sedya Utami • 29 Juli 2020 20:26
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan himpunan bank milik negara (Himbara) telah merestrukturisasi Rp441 triliun kredit atau pinjaman para nasabah yang terdampak pandemi covid-19.
 
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan restrukturisasi tersebut dilakukan oleh Himbara dalam tempo tiga bulan 15 hari setelah keluarnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (P-OJK) terkait restrukturisasi dalam rangka program penanganan ekonomi di masa pandemi.
 
"Total restrukturisasi yang dilakukan adalah Rp441 triliun. Itu adalah utang yang sudah direstrukturisasi yang dikerjakan teman-teman Himbara dalam tempo 3,5 bulan," kata Arya, Rabu, 29 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arya merinci dari besaran tersebut, restrukturisasi yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp171,9 triliun, PT Bank Mandiri sebesar Rp112,4 triliun, PT Bank Negara Indonesia (BNI) sebesar Rp120,2 trliun, serta PT Bank Tabungan Negara (BTN) sebesar Rp36,46 triliun.
 
Arya mengatakan dengan restrukturisasi diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tidak terbebani oleh besar kecilnya cicilan yang harus dibayarkan saat ini. Arya berharap UMKM bisa bergerak dan beraktivitas untuk mendorong perekonomian nasional.
 
"Jadi permintaan Pak Jokowi untuk mempercepat UMKM dan bidang swasta lainnya apalagi yang berhubungan dengan konsumer bisa diterima oleh pelanggan juga, ritel juga. Jadi kita harapkan ini bisa membantu masyarakat juga," jelas Arya.
 

(DEV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif