Ilustrasi Waskita Beton Precast - - Foto: dok Waskita
Ilustrasi Waskita Beton Precast - - Foto: dok Waskita

Waskita Beton Bidik Kontrak Rp7,88 Triliun di 2021

Husen Miftahudin • 30 Maret 2021 21:22
Jakarta: Pelaksanaan program vaksinasi diyakini akan menjadi katalis positif terhadap performa PT Waskita Beton Precast Tbk (Waskita Beton Precast). Tahun ini, anak usaha PT Waskita Karya Tbk (Persero) tersebut optimistis mampu mencatatkan nilai kontrak mencapai Rp7,88 triliun.
 
Direktur Utama Waskita Beton Moch. Cholis Prihanto mengatakan adanya peningkatan target kontrak pada tahun ini tak terlepas dari sisa nilai kontrak pada 2020 sebesar Rp4,11 triliun dan target perolehan kontrak baru tahun 2021 yang diproyeksikan mencapai Rp3,77 triliun.
 
"Perusahaan memandang dengan adanya program vaksinasi maka bisa memberikan katalis positif untuk pertumbuhan, khususnya sektor konstruksi di Indonesia. Diharapkan kondisi ekonomi akan mengalami pemulihan pada semester kedua 2021," ujar Cholis dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 30 Maret 2021. 
 
Pada 2020 lalu, Waskita Beton mencatatkan nilai kontrak baru sebesar Rp1,86 triliun. Perolehan kontrak ini didominasi oleh proyek eksternal sebesar Rp998,79 miliar (54 persen) mulai dari Proyek Jalan Tol Binjai Pangkalan-Brandan, Banda Aceh-Sigli, NCICD dan proyek lainnya.
 
Sedangkan untuk perolehan proyek internal sebesar Rp866,56 miliar (46 persen), dicapai melalui Proyek Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim, Proyek Jalan Pengaman Pantai Paket 4, dan proyek lainnya.
 
Tak ayal, tahun lalu Waskita Beton berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp2,21 triliun. Sementara untuk target pendapatan usaha tahun ini, kata Cholis, manajemen baru Waskita Beton pun optimistis mampu membukukan pendapatan usaha hingga Rp5,33 triliun dari pelaksanaan target nilai kontrak pada 2021 mencapai Rp7,88 triliun.
 
"Bersama dengan manajemen baru perusahaan, kami berkomitmen untuk melakukan perbaikan melalui beberapa program kerja yang telah dirancang," tambah Cholis.
 
Menyusul target perolehan nilai kontrak baru pada 2021, Cholis bilang, saat ini manajemen baru Waskita Beton telah menyusun program kerja dan sejumlah strategi melalui peningkatan eksposur ke pelanggan eksternal hingga pada pembenahan sistem yang digunakan. 
 
Tahun ini, pertumbuhan pelanggan Waskita Beton pun diketahui mengalami peningkatan 48,28 persen dari 87 pelanggan menjadi 129 pelanggan pada 2021. "Angka tersebut merupakan angka pertumbuhan pelanggan tertinggi dalam lima tahun terakhir," imbuhnya.
 
Dengan adanya beberapa katalis positif dan pelaksanaan strategi ini, manajemen baru Waskita Beton pun optimistis kinerja Waskita Beton pada 2021 akan meningkat seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi Indonesia pasca pandemi yang diproyeksikan akan mulai terasa pada semester II-2021.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(Des)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan